Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » News » Lazismu Buatkan Tondon Air Bersih untuk Sumber Kehidupan Warga di Desa Botolingo, kabupaten Bondowoso

Lazismu Buatkan Tondon Air Bersih untuk Sumber Kehidupan Warga di Desa Botolingo, kabupaten Bondowoso

Dusun Cemper Desa Botolinggo kecamatan Botolinggo, kabupaten Bondowoso, merupakan salah satu desa yang mengalami kekeringan yang cukup parah. Tidak hanya itu bertahun tahun warga mengalami kesulitan, baik dari segi ekonomi maupun kehidupan yang layak harus mereka dapatkan.

Secara garis besar air menjadi sumber utama dalam kehidupan setiap makhluk, terlebih manusia. Banyak sekali kegiatan manusia yang membutuhkan air bersih. Lain dengan Desa Botolinggo ini, mereka rela mengkonsumsi air yang tidak layak, yang terkadang mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Kemarau yang berkepanjangan semakin menyulitkan warga desa untuk dapat bertahan hidup. Bahkan mereka semakin hari makin berhemat dengan persediaan air bersihnya. Jika persediaan habis, terpaksa mereka meminum air dari sumber air yang semestinya tidak layak untuk dikonsumsi. Warga pun menggali tanah untuk sumur resapan dan tandon untuk menampung air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Warga juga rela berjalan sangat jauh berkilo-kilo meter hanya untuk mengambil air pada sumber yang tidak layak konsumsi pula. Bapak Salam salah satu Ketua RT di desa Botolinggo menuturkan bahwa 58 KK warga di dusun Cemper dan 12 KK di wilayah RT-nya sangat membutuhkan air bersih yang layak sehingga mereka dapat mengkonsumsinya untuk kebutuhan sehari-hari. Warganya tambah sangat kesusahan jika musim kemarau tiba.

Lazismu kabupaten Bondowoso tergerak hati untuk membantu warga menyediakan sarana penampungan air yang lebih baik sehingga distribusi dan kualitas air bisa layak dikonsumsi. Arief, Pengurus Lazismu Bondowoso segera melakukan perencanaan untuk perbaikan sarana resapan dan tondon penampungan air yang dibutuhkan warga.

“Alhamdulillah, melalui sinergi dan bantuan dengan berbagai pihak pembangunan dan pembenahan sarana penampungan itu dapat terlaksana. Air yang sudah diresapkan nantinya akan ditampung di tondon air untuk kemudian dialirkan dengan pipa ke rumah-rumah warga” kata Arief di kantornya, Jl. Letnan Sudiono 15 Bondowoso, 5/10/21.

“Mari kita bersama-sama membantu dengan apa yang kita miliki. Zakat dan Sedekah Anda sangat dibutuhkan bagi mereka. Insyallah apa yang kita semua berikan kepada mereka ini, pahalanya akan terus mengalir seperti air yang digunakan masyarakat desa Botolinggo, Bondowoso” ajak Arief.

Donasikan sebagian harta Anda melalui Lazismu untuk membantu sesama :

Rekening Infaq:

  • Bank Syariah Indonesia (BSI) Norek : 7110 050 555 a.n. Lazismu Bondowoso.
  • Bank Jatim Norek : 031 261 5550 an. Lazismu Bondowoso.

Rekening Zakat:

  • Bank Syariah Indonesia (BSI) Norek : 7722221235 a.n. Zakat Lazismu Bondowoso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*