Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 28 November 2022
Breaking News
You are here: Home » Ramadhan 1443 Hijriyah Bersama Lazismu “Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh”

Ramadhan 1443 Hijriyah Bersama Lazismu “Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh”

“Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh”

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. al-Baqarah : 183)

“Dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,” (QS. al-Baqarah : 184)

Pendahuluan

Bulan Ramadhan 1443 H segera datang menghampiri kita. Bulan Ramadhan merupakan moment bagi setiap umat islam untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Ibadah yang secara hidmat dilaksanakan setiap tahun pada bulan Ramadhan tersebut adalah ibadah puasa dan menunaikan zakat baik itu zakat fitrah maupun zakat maal. Ibadah puasa merupakan ibadah yang bersifat pribadi dan menjadi keutamaan bagi yang menjalakannya.

Kondisi pelaksanaan puasa ramadhan tahun 1443 H masih berhadapan dengan virus covid dengan varian baru yang bernama omicron. Varian baru ini memiliki tingkat penularan yang lebih cepat dibandingkan dengan varian delta. Keadaan tersebut membuat kondisi bulan Ramadhan 1443 H tidak jauh beda dengan bulan Ramadhan Tahun 1442 H. Kita merasakan akibat penerapan PKKM level 3 dan 4 pada kuartal ke 3 tahun 2021 berdampak pada kondisi pertumbuhan ekonomi nasional hanya pada angka 1,5% dari quartal sebelumnya dan kalau dari kuartal ke 3 tahun 2020 pertumbuhannya sebesar 3,5%. Namun jika kita melihat data inflasi triwulan terakhir dari BPS bahwa inflasi naik sangat tajam secara berurutan dari oktober hingga desemder sebesar 0,12 , 0,37 dan 0,57 hingga mencapai 3%. Tren naiknya inflasi ini jika pemerintah tidak mampu mengedalikan akan berdampak buruk pada perekonomian nasional.

Tahun 2022 merupakan tahun pemulihan sejak dihantam gelombang covid-19 dan saat ini mulai menaik penularan varian baru omicron. Pertumbuhan ekonomi mulai memberikan hasil baik dan inflasi juga ikut naik pada triwulan ke-4 2021 namun masyarakat muslim Indonesia tidak surut dalam menunaikan ibadah zakat, infak dan shadaqah ke Lembaga zakat dan Lembaga filantropi di Indonesia. Hal ini terlihat pada data Baznas bahwa pada tahun 2019 terkumpul 10,227 triliun rupiah dan tahun 2020 terkumpul 12,429 triliun rupiah. Data tersebut menunjukkan bahwa walau pertumbuhan ekonomi masih proses pemulihan dan belum stabil namun tidak menyurutkan umat islam dalam mendermakan dananya ke Lembaga filantropi.

Lazismu sebagai Lembaga filantropi berperan dalam membantu pemerintah guna mewujudkan capaian SDGs. Lazismu konsisten melaksanakan program – program inovasi social sebagaimana telah direncanakan pada Rencana Strategis 2021 – 2025. Lazismu akan terus eksis pada penguatan program-program inovasi social dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia sebagai bangsa unggul yaitu bangsa yang terpenuhi kesejahteraan masyarakatnya baik materi maupun spiritual, penegakan hukum secara adil, SDM yang berdaya saing tinggi dan berbasis pada mutu atau kualitas disetiap lini kehidupannya.

Kita memotret pada tahun 2019 – 2021 bahwa pertumbuhan penghimpunan ZISKA (Zakat, Infaq, shadaqah dan wakaf) yang dipercayakan kepada Lazismu sangat sangat baik. Pada tahun 2019 – 2021, Lazismu mampu menghimpun secara nasional sebesar 116 milar (2019), 150 miliar (2020) dan 232 miliar (2021). Pertumbuhan kepercayaan muzaki terhadap Lazismu tentu harus dibarengi dengan kualitas layanan kepada muzaki dan penditribusian yang tepat sasaran, terukur dan berkelanjutan serta memberikan dampak tidak hanya kepada penerima manfaat tetapi juga kepada lingkungan sekitar penerima manfaat hingga mencapai kesadaran dan budaya. Dalam proses penguatan dampak tersebut, program–program inovasi sosial dijalankan untuk mewujudkan capaian SDGs. Semangat dari program–program inovasi sosial adalah menjadikan masyarakat Indonesia menjadi mandiri dan tangguh. Jika masyarakatnya mandiri, kuat dan Tangguh maka bangsa Indonesia juga menjadi mandiri, kuat dan Tangguh.

Inovasi Social merupakan ide atau gagasan baru yang dilakukan untuk mengatasi masalah social masyarakat dengan melibatkan perubahan hubungan kelembagaan (kolaborasi), meningkatkan kapasitas atau kesejahteraan masyarakat dan menciptakan peluang keberlanjutan. Seperti contoh program masjid tangguh yang akan diinisiasi oleh lazismu dengan mitra 200 masjid sebagai pilot projeck. Program masjid tangguh melakukan kegiatan seperti sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan masjid di masa pandemi covid untuk mumbuhkan kemandirian masjid dalam mencegah penularan covid, pelatihan penggalangan untuk kemakmuran masjid, pemberian bantuan alat Kesehatan seperti handsanitaizer, mini spray, masker dan lain-lain.

Dengan upaya program masjid tangguh diharapkan dapat  menumbuhkan kemandirian dalam menjaga masjid dan jamaahnya dari serangan virus covid. Dalam rangka menjaga kemandirian dan keberlanjutan program masjid tangguh, lazismu melatih takmir masjid untuk membiayai program secara mandiri dengan cara melakukan penggalangan infak dari jamaah maupun donatur sekitar masjid.

Dengan berbagai pertimbangan masalah-masalah tersebut diatas, sangat penting langkah strategis dalam mensukseskan program Ramadhan 1443 H agar tercipta harmonisasi gerakan zakat secara nasional dari pusat hingga kantor layanan. Program Ramadhan 1443 H meliputi program penghimpunan dan pendayagunaan dengan target penghimpunan 40% dari total penghimpunan tahunan nasional.

Maksud dan Tujuan

Bulan Ramadhan merupakan moment setiap Lembaga zakat untuk memaksimalkan strategi dalam menggalang dana ZISKA sebesar-besarnya. Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan program pada bulan ramadhan 1443H antara lain:

  1. Mengharmoniskan langkah strategis program Ramadhan 1443H secara nasional.
  2. Menghimpun dan mendayagunakan dana zakat, infaq dan shadaqah melalui program-program inovasi social secara nasional dan secara khusus yang berhubungan dengan pandemi covid-19 dan omicron.
  3. Mengoptimalkan potensi penggalangan ziska melalui program-program inovasi social secara nasional.

Tema

Tema untuk Ramadhan 1443 H ini adalah “Zakat Tumbuh Indonesia Tangguh”. Semangat tema tersebut adalah pertumbuhan ZISKA Lazismu menjadikan setiap program-program inovasi social menciptakan masyarakat Indonesia yang mandiri, kuat dan tangguh.

Kegiatan Ramadhan 1443 H

  • Program penyaluran dan pendayagunaan meliputi kegiatan :

Pra Ramadhan :

Ramadhan ceria yaitu Pemberian bantuan untuk masyarakat umum dengan prioritas masyarakat kurang mampu dalam menyambut Ramadhan (awal bulan ramadhan). Program ini meliputi Bazar Ramadhan serentak di kantor-kantor Lazismu se Jatim dengan memberikan subsidi sebesar Rp. 15.000,- sampai 20.000,- per-paket. Kegiatan ini dilaksanakan pada H-2 jelang Ramadhan hingga H+2 Ramadhan. Target untuk program Ramadhan ceria sebesar 30.000 paket se-Jatim.

Selama Ramadhan :

Tebar Takjil dan Iftar adalah kegiatan membagikan makanan ringan jelang buka puasa di lokasi strategis atau acara berbuka puasa bersama. Tebar takjil dan Iftar bertujuan untuk membantu masyarakat menyediakan makanan buka puasa baik di perjalanan maupun di Masjid. Sasaran penerima Jamaah Masjid dan warga fakir miskin. Event ini juga dimanfaatkan untuk kampanye zakat seperti menyebarkan brosur, tausiyah, konter zakat dan lain-lain. Target untuk program Tebar Takjil dan Iftar sebesar 50.000 paket takjil se-Jatim.

Masjid Tangguh yaitu program memberikan bantuan kepada Masjid dalam rangka syiar dakwah, menambah perlengkapan sarana ibadah untuk jamaah dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat guna pencegahan terhadap penularan covid-19. Bantuan untuk Masjid senilai Rp. 1.000.000,-. Target untuk program Masjid Tangguh sebanyak 1.000 Masjid se-Jatim.

Kado Ramadhan ialah Kegiatan pembagian paket sembako bagi fakir-miskin dan anak yatim non Panti serta Guru. Target untuk program ini sebanyak 20.000 paket se-Jatim.

 

 

Peduli Guru Tangguh atau Kado Hari Raya Idul Fitri yaitu program pemberian bantuan kepada Guru Persyarikatan yang bergaji rendah atau pra sejahtera di kota dan desa (khususnya kawasan 3T –  Terpelosok, Terpencil dan Tertinggal). Target untuk program Peduli Guru Tangguh ini sebanyak 6.000 paket se-Jatim.

 

UMKM Tangguh yaitu penguliran dana pinjaman lunak kepada pelaku UMKM yang sangat membutuhkan tambahan modal usaha dan atau sedang terkena jeratan rentenir khususnya pada bulan Ramadhan ini melalui BankZiska atau Unit Keuangan Mikro. Nilai pinjaman mulai Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Target untuk program ini sebanyak 1.000 mitra se-Jatim.

Isoman Tangguh (Pilar Kesehatan) yaitu program bantuan bahan makanan untuk penyintas covid yang sedang isolasi mandiri di rumah. Program bantuan isoman diberikan untuk meringankan beban hidup dan memudahkan penyintas dalam menjalani kehidupan sehari-hari selama isolasi mandiri. Target se-Jatim untuk program Bantuan Sedang Isoman sebesar 1.000 paket.

Paket Donasi Ramadhan

  • Paket Makanan Iftar dan Takjil Buka Puasa, Rp 15.000,- per paket.
  • Paket Air Minum Lazismu, Rp. 25.000,- per dos (cup) dan Rp. 35.000,- per dos (botol 330 ml).
  • Kado Ramadhan Rp. 150.000,- (Sembako : Beras, Minyak Goreng, Gula, Kornet, dll)
  • Peduli Guru Tangguh Rp. 300.000,- per paket.
  • Yatim Ceria Rp. 150.000,- (School Kit).
  • Paket Perlengkapan Ibadah dan Kebersihan/Prokes Masjid Rp. 100.000,- per paket.
  • Paket Modal Usaha untuk Usaha Super Mikro (Kelompok) Rp. 1.000.000,- per paket.
  • Paket Modal Usaha untuk Bebaskan Usaha Mikro dari Jeratan Rentenir melalui BankZiska Rp. 100.000,-.
  • Paket Isoman Tangguh (Sembako dan Healt Kit), Rp. 100.000,- per-paket.

Rekening Zakat

  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 009 994 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZAKAT
  • Bank Muamalat No. 7710 015 630 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (ZAKAT)
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 111 999 a/n Lazismu Jatim Zakat.

Rekening Donasi

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq.
  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 005 557 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM INFAQ.
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH).
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR.

Jemput ZIS

  • WA / Call 0851-6170-2078 untuk Surabaya dan sekitarnya.

Comments are closed.