Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » 40 Unit HUNTARA Bantuan Muhammadiyah Mulai Ditempati oleh Warga Penyintas Gunung Semeru

40 Unit HUNTARA Bantuan Muhammadiyah Mulai Ditempati oleh Warga Penyintas Gunung Semeru

LAZISMU Perwakilan Wilayah dan MDMC Jawa Timur bersama LAZISMU Pusat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan kompleks Hunian Tetap dan Hunian Sementara (Huntap-Huntara) yang disediakan bagi warga Penyintas Erupsi Gunung Semeru di CandiPuro, Lumajang, Sabtu (30/05/2022). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap pembangunan 40 unit Huntara bantuan Muhammadiyah di area tersebut.

Pimpinan LAZISMU Pusat yang hadir adalah Barry Aditya dan Author, sedangkan dari LAZISMU wilayah Jawa Timur Achmad Saifu dan Aditio Yudono serta M Rofii selaku Ketua MDMC Jatim. Didampingi oleh PDM dan LAZISMU kabupaten Lumajang rombongan meninjau 40 unit Huntara yang dibangun oleh Relawan MDMC. Huntara Muhammadiyah berdampingan dan menyatu dengan Huntap yang dibangun oleh Pemerintah. Sehingga setiap penyintas menerima dua bangunan, yaitu Huntap dan Huntara pada satu lahan.

Separuh dari 40 unit Huntara Muhammadiyah tahap pertama tersebut sudah ditempati oleh warga penerima manfaat. Huntara bantuan Muhammadiyah yang menjadi pelengkap Huntap tersebut difungsikan oleh warga yang menempati sebagai dapur dan ruang aktifitas internal yang dilengkapi dengan WC atau kamar mandi. Sedangkan Huntap berfungsi sebagai ruang tamu dan kamar keluarga.

Kunjungan ini juga dalam rangka mempersiapkan pembangunan 160 unit Huntara tahap kedua yang merupakan komitmen Muhammadiyah untuk membantu warga penyintas atas bencana erupsi Gunung Semeru tahun 2021 lalu. Kelak, berdasarkan evaluasi ini, pembangunan 160 unit tahap selanjutnya bukan lagi merupakan Huntara, namun sudah menjadi Hunian Pelengkap (Hunkap) yang didirikan menyatu dengan Hunian Tetap (Huntap). Diharapkan proses pembangunan Hunkap sudah bisa dimulai pada bulan Juli 2022 mendatang dengan dana donasi yang dihimpun oleh LAZISMU. (Ddt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*