Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 17 Mei 2022
Breaking News
You are here: Home » Produk

Produk

KORNETMU dan RENDANGMU (Produk Ketahanan Pangan)

Pada mulanya Rasulullah Muhammad SAW melarang para sahabat dan umat muslim untuk menyimpan daging Qurban selama lebih dari 3 hari. Sebagaimana dalam hadits Aisyah RA : “Dahulu kami biasa mengasikan daging udhhiyah (qurban) sehingga kami bawa ke Madinah, tiba-tiba Nabi SAW bersabda : “Janganlah kalian menghabiskan daging qurban kecuali dalam waktu 3 hari.” (HR. riwayat Bukhari dan Muslim).

Namun kemudian Rasulullah Muhammad SAW memperbolehkan umat muslim untuk menyimpan atau mengawetkan daging qurban. Hal tersebut dilakukan agar orang miskin yang memperoleh daging Qurban bisa tetap bertahan hidup pada masa paceklik.

Sebagaimana yang dijelaskan pada hadits Salamah bin Al-Akwa, berkata : Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang menyembelih qurban maka jangan ada sisanya sesudah 3 hari dirumahnya walaupun sedikit.” Tahun berikutnya orang-orang bertanya : “Ya Rasulullah apa kami harus berbuat seperti tahun lalu?” Nabi Muhammad SAW menjawab : ”Makanlah dan berikan kepada orang-orang dan simpanlah sisanya. Sebenarnya tahun lalu banyak orang yang menderita kekurangan akibat paceklik, maka aku ingin kalian membantu mereka.”

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa terkait pengawetan dan pendistribusian daging kurban dalam bentuk olahan. Dalam fatwa Nomor 37 Tahun 2019 yang telah disahkan pada 7 Agustus 2019 itu, MUI membolehkan daging kurban diawetkan dan dikirim ke warga dalam bentuk olahan.

Maka dengan jelas disebutkan bahwa menyimpan daging qurban dengan cara mengawetkannya, baik itu diasinkan, didendeng atau dengan cara dikornetkan, hukumnya boleh dilakukan. Terlebih jika penyimpanan dan pengolahan daging qurban memiliki tujuan dan manfaat yang lebih besar, seperti kepraktisan dan kemudahan untuk diberikan kepada masyarakat yang berhak. Namun mampu menjangkau area pendistribusian yang lebih luas.

Program Qurban Berkemajuan Lazismu yang dagingnya dikemas dalam bentuk kornet dan rendang diharapkan mampu menjadi alternatif bagi ketersediaan pangan yang berkelanjutan. Kebanyakan hewan Qurban yang disembelih pada saat Hari Raya Idul Adha dagingnya melimpah dan pendistribusiannya cenderung kurang merata.

Produk Qurban Lazismu yang diberi nama Rendangmu dan Kornetmu (BP POM RI MD 539513103158) ini didistribusikan ke komunitas dakwah jamaah, Panti Asuhan, daerah terdampak bencana, Pedesaan dan Perkampungan di kawasan 3 T (Terdepan, Tertinggal dan Terluar).

Informasi, donasi dan tasaruf : 0812-3158-446 (Imam Fauzi)

RANSUM KEMANUSIAAN

Produk ransum makanan siap santap yang sewaktu-waktu bisa disalurkan ke kawasan bencana untuk warga terdampak dan para relawan, secara praktis, ekonomis, mudah, kaya nutrisi, penuh gizi, tahan lama, hygienis, cepat terdistribusi dan tepat sasaran.

Tersedia Kornet, Rendang, Nasi Soto Lamongan dan Nasi Rawon dalam kemasan kaleng.

Informasi, donasi dan tasaruf : 0812-3158-446 (Imam Fauzi)

AIR LAZISMU

Air adalah sumber kehidupan. Manusia tanpa air tentu akan musnah dari muka bumi ini. Sebagian besar isi tubuh manusia adalah air. Oleh karena itu kehadiran air yang murni, segar dan menyehatkan tubuh sangatlah penting. Jika tubuh sehat dan segar maka akan lancar dalam beraktifitas.

Berkaitan dengan hal itu Lazismu wilayah Jawa Timur menggandeng CV Kinarya Berkah Abadi – KBA – Malang (Badan Usaha Milik Muhammadiyah) meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Air minum dalam kemasan ini berjenis demineral yaitu air yang kandungan mineral logam atau an-organiknya diminimalisir agar sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Ketika diminum air ini akan terasa lebih segar dan menyehatkan, sehingga tepat dihadirkan pada bulan puasa.

Produk air minum Lazismu ini untuk tujuan filantropi atau penggalangan dana ZIS, sebagai takjil di masjid/musholla, panti asuhan dan acara berbuka bareng dengan fakir-miskin-dhuafa, dan berbagi bingkisan kepada sesama, serta tidak diperjualbelikan. Air lazismu dengan BP POM RI MD 265213003810 ini bukan untuk dikomersilkan, melainkan untuk mengajak umat Islam untuk berderma dan bersedekah guna berbagi dan memberikan air lazismu ini kepada mereka yang membutuhkan.

CV KBA yang selama ini merupakan produsen air demineral Q-Mas-M berkontrak dengan memproduksi Air Lazismu sebanyak 10.000 dos jenis gelas 240 ml bagi Lazismu untuk keperluan bulan Ramadhan, Syawwal, Dzulhijjah 1440 Hijriyah hingga Muharrom 1441 Hjriyah.

Air minum jenis demineral yang berbranding “Air Lazismu” ini telah diluncurkan pada 5 Mei 2019 atau memasuki 1 Ramadhan 1440 Hijriyah. Sedangkan distribusi air ke seluruh kantor Lazismu Daerah se-Jawa Timur telah dilaksanakan mulai tanggal 3 Mei 2019. Selain untuk memenuhi keperluan tasharruf Lazismu se-Jatim juga disisihkan sebagai cadangan logistik untuk kebencanaan.

Bagi donatur atau masyarakat yang ingin bersedekah Air Lazismu ini bisa menghubungi kantor Lazismu wilayah pembantu Daerah yang ada di setiap Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Informasi, donasi dan tasaruf : 0812-3158-446 (Imam Fauzi)

MAJALAH MATAHATI JAWA TIMUR

Majalah Donatur Lazismu, terbit setiap bulan sekali, ukuran 21 cm x 27 cm, 44 halaman full colour. ISSN 2620-813X. Oplagh : 7.500 eksemplar. Area distribusi : Jawa Timur

Isi majalah : Aksi Bersama, Topik Utama, Dinamika, Fenomena, Kiprah Lembaga, Siapa Dia, Lentera, Tausiyah, Kisah Sahabat Nabi, Info Zakat, Tanya Zakat, Fatwa Tarjih, Konsultasi Kesehatan, Peduli Sesama, Peduli Pendidikan, Peduli Dakwah, Mari Berdaya, Indonesia Siaga dan Ambulan Siaga.

Susunan Redaksi. Penanggung-jawab : Prof. Dr. Thohir Luth. Pemimpin Umum : drh. Zainul Muslimin. Pemimpin Redaksi : Aditio Yudono. Dewan Redaksi : Syamsun Aly, MA., Imam Hambali, MEI, Ir. Agus Edi Sumanto, Budi Suryanto. Sekretaris Redaksi : Imam Fauzi. Keuangan : Moh. Syaifuddin Ali Sahidu. Litbang : M. Masrukh. Alamat Redaksi : Gedung Muhammadiyah Jatim, Jl. Kertomenanggal IV/1 Surabaya.

Infaq berlangganan : Rp. 10.000,-/eksemplar (Belum termasuk Ongkir). Tarif Infaq Iklan : Cover Depan Dalam Rp. 2.000.000,- / halaman. Cover Belakang Rp. 3.000.000,- / halaman. Cover Belakang Dalam Rp. 1.500.000,- / halaman. Halaman 3 Rp. 1.500.000,- / halaman. Halaman Dalam Rp. 750.000 / halaman.

Informasi dan redaksi : 0813-2572-4440 (Adit)

Makanan Dalam Kemasan

Healthy Milk

PUPUK ORGANIK PADAT

Pupuk organik padat yang diproduksi dalam rangka mendukung program pemberdayaan pertanian di perkotaan (Urban Farming).

Informasi, donasi dan tasaruf : 0811-310-401 (Zainul)

EKSTRAK BUAH

Semua produk LAZISMU dibuat untuk kalangan sendiri dengan tujuan donasi dan pentasarufan, serta tidak diperjualbelikan.

Comments are closed.