Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 17 Mei 2022
Breaking News
You are here: Home » Term of Reference Program Qurban Untuk Kuatkan Ketahanan Pangan 1442 H / 2021 M

Term of Reference Program Qurban Untuk Kuatkan Ketahanan Pangan 1442 H / 2021 M

Alhamdulillah, Puji dan syukur kehadirat Allah SWT hingga saat ini ditengah pandemi yang masih melanda, kita semua masih dianugerahi kesehatan sehingga dapat menunaikan tugastugas dan amanah yang menjadi kewajiban kita bersama. Setelah hiruk pikuk kegiatan Ramadhan 1442 H, disusul dengan tragedi kemanusiaan yang dialami oleh saudara-saudara kita di Palestina, yang juga sangat menyita perhatian kita semua hingga saat ini, kita harus menyiapkan program qurban yang sebentar lagi akan menghampiri kaum muslimin.

Sebagaimana biasanya bahwa Lazismu tidak pernah absen dalam kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut dan bahkan berperan aktif dalam mensyiarkannya, terlebih di tengah pandemi yang hingga saat ini masih menghantui masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat dunia, maka Lazismu meramaikan kegiatan ini dengan mengangkat tema “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”. Harapan dibalik tema besar kegiatan tersebut adalah dapat berkontribusi untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi yang masih tinggi kasusnya di Indonesia.

TEMA KEGIATAN

  • Tema Qurban Lazismu 1442 H adalah : “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”

TUJUAN

  1. Penyeragamaan program Qurban LAZISMU secara Nasional;
  2. Acuan pelaksanaan program LAZISMU Nasional;
  3. Mengenalkan LAZISMU kepada masyarakat secara luas;
  4. Mengenalkan program “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”;
  5. Mengajak masyarakat berqurban melalui LAZISMU;
  6. Mengajak masyarakat (internal maupun eksternal Muhammadiyah) terlibat dalam pelaksanaan fundraising dan penyaluran program “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”.

MITRA PELAKSANA

Pelaksanaan program Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan dapat melibatkan mitra Internal dan external persyarikatan Muhammadiyah.

A. Mitra Internal Muhammadiyah

  1. Majelis,
  2. Lembaga,
  3. Ortom dan
  4. Amal Usaha Muhammadiyah

B. Mitra External Muhammadiyah

  1. Sponsorship,
  2. Komunitas,
  3. Lembaga Negara tingkat pusat maupun daerah,
  4. Lembaga Filantropi lainnya.

C. Mitra Internasional

Mitra internasional adalah lembaga atau yayasan internasional yang akan bekerja membantu Lazismu dalam pelaksanaan program qurban internasional dibeberapa negara diantaranya adalah Palestina (Gaza dan Tepi Barat), Myanmar (Rohingya) dan Yaman.

PROGRAM QURBAN LAZISMU 1442 H / 2021 M

Program Lokal (Nasional)

Adapun bentuk programnya adalah sebagai berikut :

a. Program Kemasan

Program Kemasan adalah kegiatan penyembelihan sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu di Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) pada hari raya iedul adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas ataupun dagingnya akan dikemas menjadi kemasan rendang dalam kaleng dengan netto 200 grm per kaleng di vendor yang telah disepakati. Hasil dari produksi program ini untuk cadangan pangan selama satu tahun bagi masyarakat yang terdampak bencana di seluruh wilayah Indonesia.

b. Program Fresh Meet

Program Fresh Meet adalah penyembelihan kambing/domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu di tempat masing-masing pada hari raya Idul Adhaa dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas ataupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

c. Program Siap Saji (Pilot Project)

Program siap saji adalah penyembelihan kambing/domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas maupun dagingnya akan disimpan di coller storage agar tahan lama untuk dimasak menjadi makanan siap saji secara bertahap setiap jum’at sepanjang tahun. Adapun sasaran distribusi program ini adalah anak yatim dan duafa’ yang tinggal di panti asuhan baik milik Muhammadiyah maupun umum.

d. Program Sedekah Daging

Program sedekah daging adalah support program Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan yang diinisiasi untuk meramaikan syiar qurban 1442 H. Program ini juga untuk memfasilitasi semangat masyarakat dalam membantu sesama namun belum mampu berqurban seekor domba maupun

Program Internasional

Program Qurban Internasional adalah kegiatan penyembelihan domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh mitra Lazismu di luar negeri pada hari raya iedul adha dan hari-hari tasyrik sesuai kalender dan keputusan ulama’ setempat, yang mana karkas maupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

Titik Distribusi Hewan Qurban program Internasional ini akan dilaksanakan di tiga negara:

  1. Palestina (Gaza dan Tepi Barat),
  2. Myanmar (Rohingya),
  3. Yaman.

Adapun Jenis Hewan Qurbannya :

  1. Palestina (Gaza dan Tepi Barat) berupa Domba,
  2. Myanmar (Rohingya) berupa Sapi,
  3. Yaman berupa Domba.

Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan program “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan” akan dilaksanakan serentak pada hari raya Iedul Adha 10 Dzul Hijjah 1442 H bertepatan pada hari Selasa, 20 Juli 2021 M kalender Indonesia maupun pada hari-hari tasyrik. Adapun pelaksanaan peorgam Internasional akan menyesuaikan dengan kalender atau keputusan ulama’ setempat.

Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan pelaksanaan “Qurban Kuatkan Ketahanan Pangan” disesuaikan dengan rencana yang telah disusun oleh masing-masing Wilayah ataupun daerah dengan memperhatikan TOR ini sebgai panduan, dan tidak menutup kemungkinan detil kegiatan dapat disesuaikan dengan kearifan local masing-masing wilayah atau daerah.

Comments are closed.