Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 17 Mei 2022
Breaking News
You are here: Home » Lazismu Farm

Lazismu Farm

PENDAHULUAN

Kebutuhan ternak sapi untuk konsumsi masyarakat dan kebutuhan ibadah Qurban di Indonesia terus meningkat. Ironinya 50% kebutuhan daging sapi di Indonesia disuplai dari impor. Hanya separuh saja tingkat kebutuhan hewan sapi yang bisa dipasok oleh peternak dalam negeri. Di lain pihak kenaikan harga daging sapi per tahunnya boleh dikatakan relatif stabil.

Peningkatkan ketahanan pangan masyarakat, khususnya pada masa normal baru setelah pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan. Oleh karena itu penyediaan kebutuhan bahan pangan sebagai asupan gizi sangat diperlukan. Dalam hal ini ketersediaan daging sapi sebagai bahan makanan untuk pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dielakkan.

Oleh karena itu Lazismu wilayah Jawa Timur kemudian mendirikan Badan Usaha Amil Lazismu (Bumal) berbadan hukum Koperasi dengan nama Koperasi Syamil. Salah satu usaha koperasi milik Amil ini berkaitan dengan peternakan, terutama ternak hewan sapi. Guna mendukung usaha Bumal atau Koperasi Syamil, Lazismu Jawa Timur mambangun Kandang Sapi (Farm) untuk sarana penggemukan hewan ternak sapi potong.

Lazismu Farm adalah salah satu bentuk inovasi sosial dalam program pemberdayaan ekonomi peternakan mandiri yang dilaksanakan oleh Lazismu Jatim. Dengan Lazismu Farm ini terpadukan antara misi sosial dan ekonomi. Diharapkan dengan program penggemukan dalam beberapa bulan akan dihasilkan sapi-sapi ternak potong yang berkualitas sehingga mampu mengatasi ketersediaan program Qurban Lazismu dan kebutuhan masyarakat luas diluar bulan Haji. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya peternak. Berperan dalam pemenuhan gizi masyarakat melalui penyediaan daging sapi. Secara tidak langsung berperan dalam stabilisasi nilai tukar rupiah

NAMA PROGRAM

Pilar Ekonomi, Program Peternakan Masyarakat Madani. “Pemenuhan Ketersediaan Sapi Ternak Potong Berkualitas Untuk Kebutuhan Qurban dan Konsumsi Masyarakat luas melalui LAZISMU Farm”.

LOKASI

Lazismu Farm berlokasi di dusun Jelok, desa Bulukerto, kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan.

klik lokasi..>>

https://goo.gl/maps/M5PHMXbaN1M73P8p8

TUJUAN

  • Menyediakan hewan Sapi Ternak berkualitas pilihan untuk program Qurban Kemasan Lazismu.
  • Menyediakan kebutuhan daging sapi bagi masyarakat luas.
  • Menyediakan fasilitas kandang memadai untuk pemeliharaan khusus intensif dan penggemukan sapi guna keperluan bisnis komersil dan wakaf produktif.
  • Sebagai wahana edukasi dan inspirasi bagi generasi muda untuk berbisnis di bidang peternakan.

FASILITAS

  • Lokasi kendang jauh dari pemukiman penduduk dan kualitas udara bagus.
  • Kapasitas 150 ekor sapi.
  • Kru senantiasa menjaga agar kandang bersih dan terawat.
  • Fasilitas kandang dilengkapi dengan karpet sapi yang menjaga agar ternak itu tidak terpeleset.
  • Tata kelola air baku dan air limbah yang terkendali dengan baik.
  • Pengelola Farm merupakan SDM terdidik dan para kru kandang bekerja secara tertib dengan dilengkapi SOP.
  • Dokter hewan dan Mantri Sapi selalu siap siaga dan secara rutin melakukan monitoring terhadap kesehatan ternak sapi.
  • Tersedia Wahana Edukasi.

Comments are closed.