Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Apel Siaga Ambulan Lazismu untuk Kesiapsiagaan Kegawatdaruratan dan Kebencanaan di Jawa Timur

Apel Siaga Ambulan Lazismu untuk Kesiapsiagaan Kegawatdaruratan dan Kebencanaan di Jawa Timur

Kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap kondisi gawat darurat dan bencana mutlak diperlukan agar ketika terjadi situasi tersebut kita tidak gagap dan akhirnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi tersebut harus diantisipasi bersama oleh semua pihak secara seksama dengan persiapan yang sebaik-baiknya.

Memasuki musim penghujan yang seringkali rawan terjadi bencana banjir, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) wilayah Jawa Timur mengadakan kegiatan Apel Siaga Korps Ambulance se-Jawa Timur. Apel Siaga Ambulan yang digelar di Lapangan Fikes kampus-3 UMSIDA Jl Raya Lebo, Pilang, Sidoarjo, Sabtu pagi 11 September 2021, ditujukan untuk Kesiapsiagaan menghadapi situasi kegawatdaruratan dan kebencanaan di Jawa Timur, maupun wilayah lainnya.

Lazismu Jatim menyiagakan 40 unit Ambulan dengan 80 kru yang tersebar di 30 Kantor Daerah dan Kantor Layanan untuk bersiap menghadapi kondisi yang terburuk, yaitu bencana alam. Dalam situasi bencana posisi Ambulan sangat vital guna mendukung kegiatan evakuasi dan pertolongan korban bencana dari kawasan yang rawan menuju ke kawasan yang aman.

Suasana di lapangan kampus-3 FIKES Umsida Sidoarjo pada Sabtu pagi 11 September 2021 terlihat marak dengan berbaris berderet mobil Ambulance Lazismu dari berbagai Daerah dan Kantor Layanan serta jaringan. Sementara itu di hadapannya terdapat tenda dan panggung kehormatan untuk Apel Siaga.

Tepat pukul 8 pagi Apel Siaga Ambulance Lazismu se-Jatim dimulai dengan geladi singkat. Setelah berbagai rangkaian pendahuluan maka Apel diisi dengan sambutan-sambutan dan acara penyerta lainya.

Drh Zainul Muslimin, ketua Lazismu Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa gerak nyata Lazismu harus senantiasa menebar kebermanfaatan bagi sesama. Apel Siaga ini menunjukkan bahwa kiprah Lazismu benar-benar sangat dibutuhkan, terutama Korps Ambulance, harus menunjukkan semangat beramal yang tinggi dan kinerja yang prima.

Dalam Apel Siaga Ambulance Lazismu se-Jatim ini juga diserahkan pengahargaan, diantaranya diberikan kepada Kantor Layanan Lazismu Sidayu Gresik dengan Pelayanan Ambulan Sigap dan Tertib Administrasi. Penghargaan berikutnya diberikan kepada Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Sidoarjo yang telah memberikan layanan Ambulan selama masa PPKM menangani korban Covid-19. Sedangkan perhargaan terhadap dedikasi driver (pengemudi) senior, sigap dan peduli diberikan kepada Fathurrohim dari Ambulance Lazismu kota Surabaya.

Selain itu Lazismu Jatim dalam Apel ini juga telah menyiapkan bantuan 1 unit mobil Ambulance untuk Kalimantan Selatan. Bantuan mobil Ambulan ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan tanggap bencana Lazismu-MDMC wilayah Kalimantan Selatan, terutama saat ini turut serta menangani korban bencana banjir di Katingan Kalimantan Tengah. Unit mobil Ambulance bantuan itu diserahkan oleh drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, kepada Dr Hidayatulloh MSi mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PMW) Jawa Timur. Selanjutnya mobil akan segera dikirimkan ke Banjarmasin melalui transportasi laut.

Dalam sambutannya Dr Hidayatulloh MSi, Wakil Ketua PMW Jatim, menyatakan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah senantiasa hadir untuk memberikan solusi atas permasalahan ummat. Ketika terjadi bencana alam, Muhammadiyah dengan MDMC dan Lazismu telah memberikan bantuan dan pertolongan tanggap bencana terhadap warga yang menjadi korban atau terdampak. Juga ketika pandemi Covid-19 menerpa tanah air, Muhammadiyah beserta segenap unsur Majelis, Lembaga dan Ortom bahu membahu beraksi bersama turut serta menangani bencana pandemi ini.

Acara Apel Siaga dimarakkan dengan peragaan Tim Siaga Bencana mengevakuasi dan menangani korban yang tertimpa bencana, dibawa dengan sigap dan cepat oleh Ambulance menuju ke tempat yang aman untuk mendapatkan pertolongan berikutnya. Kegiatan Apel diakhiri dengan defile seluruh mobil Ambulance Lazismu berjalan melewati panggung kehormatan, mengitari lapangan dan menuju ke halaman parkir kampus-3 UMSIDA.

Selanjutnya setelah Apel Siaga, para Kru Ambulance Lazismu diberikan berbagai materi dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana di Hall FIKES kampus-3 Umsida Sidoarjo mulai jam 10 pagi hingga sore hari. (Ad)

Tonton video Apel Siaga Ambulance Lazismu se-Jatim..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*