Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 15 April 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Beberapa Daerah di Jatim Dilanda Banjir, MDMC Didukung LAZISMU Terjunkan Relawan, Kirim Logistik dan Buka Dapur Umum

Beberapa Daerah di Jatim Dilanda Banjir, MDMC Didukung LAZISMU Terjunkan Relawan, Kirim Logistik dan Buka Dapur Umum

Beberapa Daerah kabupaten di Jawa Timur dilanda banjir relatif besar, seperti di kabupaten Pasuruan (8/3/24), kabupaten Probolinggo (9/3/24), Kabupaten Bangkalan, dan Kabupaten Sampang (12/3/24). Banjir sempat memutus akses jalan dan air menggenangi perumahan warga mulai dari 20 cm hingga mencapai 1 meter. Berbagai respon datang dari lembaga kebencanaan Pemerintah maupun organisasi masyarakat, tak terkecuali Muhammadiyah.

Menurut Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU bidang pendistribusian dan pendayagunaan, kiprah Muhammadiyah dalam penanganan kebencanaaan terus dilakukan karena sudah menjadi ruh gerakan.

“Sudah menjadi kiprah gerakan, Muhammadiyah senantiasa hadir dalam merespon bencana alam, apapun aksinya. Melalui sayap dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang didukung Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU), gerak langkah Persyarikatan dalam merespon setiap kejadian bencana alam yang menimbulkan dampak terus dilakukan. Beragam respon tanggap darurat bencana dilakukan oleh MDMC bersama LAZISMU mulai dari edukasi, mitigasi, evakuasi, rehabilitas hingga rekonstruksi” kata Aditio ketika di Gedung Kemanusiaan LAZISMU Jatim guna memberangkatkan kendaraan MDMC untuk pengiriman logistik ke Sampang (13/3/24).

Aditio menambahkan beberapa daerah yang terdampak banjir memang bersifat musiman dan langganan, namun ada yang parah.

“Banjir bandang melanda tiga kecamatan di kabupaten Pasuruan, yakni Grati, Winongan dan Rejoso. Di kecamatan Grati lebih parah, menggenangi rumah warga hingga 2 meter karena ada kawasan cekungan di salah satu desanya. Muhammadiyah kabupaten Pasuruan mengerahkan LAZISMU dan Relawan MDMC untuk membuka Pos Pelayanan (Posyan) Dapur Umum di gedung PDM kabupaten Pasuruan di kecamatan Raci. Posyan Dapur Umum memasak makanan siap santap dan dibagikan kepada ratusan warga di beberapa desa terdampak parah,” jelasnya.

“Di kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo ada empat desa yang terdampak banjir plus lumpur. LAZISMU bersama Relawan dari MDMC dan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah setempat membantu membersihkan rumah warga dan membuka Poskor Dapur Umum. Dapur Umum Muhammadiyah Kabupaten Probolinggo menyediakan makanan siap santap untuk ratusan orang, dua kali sehari” tambahnya.

Banjir juga melanda Kabupaten Sampang. Menurut Suwadi Ketua LAZISMU Sampang, banjir kali ini dirasakan warga lebih dahsyat daripada tahun-tahun sebelumnya. Warga terdampak mencapai 1000 orang, puluhan diantaranya mengungsi ke tempat yang lebih aman, seperti Masjid dan rumah saudara. Muhammadiyah melalui MDMC dan LAZISMU juga membuka Posyan Dapur Umum untuk membantu menyediakan makanan siap santap bagi penyintas. Makanan dikirimkan ke beberapa titik lokasi terparah berkoordinasi dengan BPBD dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu di Bangkalan banjir melanda tiga kecamatan Arosbaya, Blega dan Lomaer. Terparah di kecamatan Arosbaya karena warga terdampak mencapai 2 ribuan orang. Mohammad Heru Aliansyah, Ketua LAZISMU Bangkalan bersama krunya turun dengan membagikan bantuan yang merupakan amanah dari Muzaki setempat. Bantuan berupa bahan pokok dibagikan dengan mobil operasional menuju ke lokasi terdekat dengan kawasan terdampak.

LAZISMU Jawa Timur Kirimkan RendangMu dan KornetMu

Mendukung Dapur Umum Muhammadiyah beberapa Daerah seperti di Kabupaten Probolinggo, Pasuruan dan Sampang, LAZISMU Kantor Perwakilan Jawa Timur mengirimkan bantuan logistik. Bantuan yang dikirim diantaranya adalah RendangMu dan KornetMu yang merupakan produk Qurban Kemasan LAZISMU Jatim.

Aditio Yudono mengatakan bahwa Rendangmu yang dikirimkan sebanyak 564 kaleng RendangMu dan 540 kaleng KornetMu untuk tiga Daerah. RendangMu biasanya disajikan menjadi paket Nasi Rendang, sedangkan KornetMu biasa diolah dalam berbagai masakan untuk lauk. Disamping RendangMu dan KornetMu juga ada logistik lainnya, seperti air minum dalam kemasan, beras dan lainnya. Pengiriman bantuan logistik dilakukan melalui kantor LAZISMU Daerah yang bersangkutan.

“Insya Allah LAZISMU senantiasa mendukung dan bersinergi dengan MDMC turun untuk membantu penyintas terdampak bencana alam. Donasi dan bantuan kedermawanan dari Donatur, Muzaki dan Dermawan disalurkan secara amanah dan tepat sasaran. Semoga bisa bermanfaat dan sedikit mengurangi beban penderitaan penyintas bencana di berbagai daerah,” harap Aditio. (Ddt)

  • Dapur Umum Muhammadiyah di Sampang.

LAZISMU sebagai lembaga mitra utama MDMC membuka donasi kemanusiaan dan kebencanaan guna membantu warga yang terdampak bencana banjir dan hidrometeorologi. Donasi bisa ditransfer melalui rekening LAZISMU yang tersedia.

Donasi yang terkumpul akan dirupakan barang-barang logistik yang dibutuhkan oleh para penyintas dengan harapan bisa meringankan beban penderitaan mereka di tempat pengungsian.

Rekening Lazismu Kebencanaan dan Kemanusiaan :

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Konfirmasi Donasi :

  • Transfer dan Informasi : 0851-6170-2078

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*