Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 19 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Didukung LAZISMU, Tim Dapur Umum MDMC Jatim Berangkat Untuk Giat Respon Banjir di Demak

Didukung LAZISMU, Tim Dapur Umum MDMC Jatim Berangkat Untuk Giat Respon Banjir di Demak

Merespon banjir rob parah yang terjadi di kabupaten Demak, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) atau Lembaga Resiliensi Bencana Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur memberangkatkan Tim Respon Bencana. Tim beranggotakan 6 orang yang didukung penuh oleh LAZISMU Jatim itu berangkat pada hari Ahad siang (11/2/24) dari Gedung Kemanusiaan Jatim di kawasan Buduran Sidoarjo.

Seperti diberitakan dari berbagai media, di kabupaten Demak pada 8 februari 2024 terjadi banjir rob akibat air laut pasang naik ke daratan, disertai dengan hujan lebat yang berlangsung beberapa hari belakangan ini. Video tentang banjir rob di jalan utama pantai utara pulau Jawa khususnya kabupaten Demak ini bahkan viral di berbagai media karena memutus akses jalur perhubungan darat antara dengan genangan air setinggi lebih dari satu meter.

Menurut Edi Suwito, Koordinator Operasi Tanggap Bencana Tim MDMC Jatim, tugas utama Tim MDMC di lokasi Poskor bencana adalah menyelenggarakan giat Dapur Umum (DU) guna ketersediaan makanan siap santap bagi pengungsi dan warga terdampak di kabupaten Kudus selama sepekan.

“Bismillah, pada hari Ahad siang ini, Tim DU-MDMC Jatim yang didukung penuh LAZISMU berangkat ke Kabupaten Demak guna merespon bencana banjir rob dengan giat Dapur Umum untuk menyediakan makanan siap santap bagi warga terdampak bencana,” kata Edi Suwito ketika melakukan persiapan keberangkatan Tim MDMC di Gedung Kemanusiaan LAZISMU Jatim di Jl Jawa no 5 Buduran, Sidoarjo.

“Tim terdiri dari 6 orang anggota Relawan MDMC Jatim membawa Truk Dapur Umum (DU) KARJIMAN – Kendara Saji Makanan (Food Truck) LAZISMU Jatim dengan perbekalan seperti beras 1 ton, mie instan 50 dos, RendangMu Jatim 15 dos, Air LAZISMU 20 dos, Minyak goreng 10 dos, bahan makanan lainnya serta peralatan dan perlengkapan memasak” jelas Edi.

“Tim MDMC Jatim sampai di Poskor MDMC Kabupaten Demak di kompleks SMP Mutu, pada Ahad petang, setelah menempuh perjalanan lewat Tol panjang Surabaya – Semarang. Di tengah perjalanan Tim mampir terlebih dahulu di kota Madiun guna mengisi perbekalan logistik beras,” tambah Edi.

Target Tim adalah menyediakan makanan siap santap untuk warga yang terdampak, baik yang mengungsi ke Pos Pengungsian atau dikirim oleh Relawan ke rumah-rumah warga yang kebanjiran dengan menggunakan perahu karet. Diperkirakan Tim MDMC Jatim akan bertugas di Poskor MDMC Kabupaten Demak selama 7 (tujuh) hari dan bisa diperpanjang kembali, melihat situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan, pungkas Edi. (Adt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*