Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Jumat , 23 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » LAZISMU Jatim Siapkan Kantor Utama BankZiska Menjadi Pusat Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Terintegrasi di Indonesia

LAZISMU Jatim Siapkan Kantor Utama BankZiska Menjadi Pusat Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Terintegrasi di Indonesia

Tiada hari tanpa menebar manfaat, itulah komitmen para aktifis LAZISMU, tak terkecuali di wilayah Jawa Timur. Hampir setiap hari LAZISMU di seluruh tanah air mengadakan berbagai macam kegiatan guna menebar kebermanfaatan kepada sesama, sesuai dengan semboyan Memberi Untuk Negeri.

Hari ahad ini, tanggal 2 Oktober 2022, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) wilayah Jawa Timur punya dua gawe di kabupaten Ponorogo. Yang pertama adalah kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Konsolidasi Data (Be One) dan Sosialisasi Kebijakan Keuangan LAZISMU untuk kawasan Jatim barat yang dilaksanakan di Gedung Hall Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO). Yang kedua adalah kegiatan Soft Launching kantor utama BankZiska yang berlokasi di desa Jabung, Ponorogo.

Kegiatan pertama merupakan gelombang kedua dari Bimtek Konsolidasi Data (Be One) dan Sosialisasi Kebijakan Keuangan LAZISMU yang pada seminggu sebelumnya diadakan di kota Malang untuk Daerah-daerah kawasan timur di Jatim. Kegiatan inti merupakan sosialisasi software be One guna mengkonsolidasi data keuangan filantropi Muhammadiyah di berbagai Amal Usaha.

Kegiatan kedua adalah soft Launching kantor utama Bankziska LAZISMU Jatim. Soft Launching dilaksanakan setelah dilakukan renovasi dan revitalisasi atas gedung BankZiska yang ada. Proses renovasi memakan waktu selama tiga pekan. Gedung BankZiska yang lama disulap menjadi tampak baru.

Kantor Utama BankZiska atau Gedung Pemberdayaan ini akan menjadi percontohan keterpaduan antara kegiatan dakwah Islam dan pengembangan ekonomi masyarakat di Jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Hal itu dikarenakan sudah banyak lembaga, perguruan tinggi dan instansi yang melakukan studi banding dan kunjungan ke BankZiska.

Hadir pada acara Soft Launching ahad siang itu Wakil Ketua LAZISMU wilayah Jatim Dr Agus Edi Sumanto, Sekretaris Aditio Yudono, Imam Fauzi Anggota BP LAZISMU Jatim beserta staf, jajaran LAZISMU Kabupaten Ponorogo, PCM setempat, Manager dan para Relawan BankZiska.

Ada enam poin yang akan dipadukan dan disinergikan oleh LAZISMU Jatim dalam satu atap Gedung Pemberdayaan. Pertama, sebagai Kantor Layanan LAZISMU (KLL) BMT Hasanah, yaitu tempat pembayaran zakat, infaq, shodaqoh dan dana sosial keagamaan lainnya (ZISKA). KLL menghimpun dan menyalurkan dana ZISKA atas persetujuan dari LAZISMU perwakilan wilayah pembantu daerah kabupaten Ponorogo.

Kedua, sebagai kantor utama BankZiska, yaitu unit penyaluran kredit pembiayaan usaha super mikro berbasis Qardul Hasan (tanpa bunga dan jasa) yang bersifat sosial. Selain itu kantor ini berfungsi untuk mengkoordinir kantor-kantor unit BankZiska yang ada di seluruh Jawa Timur. Gedung ini juga sebagai Pusdiklat Pengelolaan dan Relawan BankZiska.

Keempat, kantor Baitul Maal watTamwil (BMT) Hasanah yang merupakan lembaga keuangan pembiayaan kredit usaha kecil menengah yang dikelola secara komersil berbasis bagi hasil di Ponorogo.

Kelima sebagai Balai Pembinaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro, dilengkapi dengan toko Pusat Oleh-oleh khas Ponorogo yang merupakan produk UMKM mitra BankZiska

Keenam adalah Masjid sebagai tempat peribadatan dan syiar dakwah Islam khususnya di desa jabung kabupaten Ponorogo. Berbagai kegiatan pembinaan rohani bagi pengusaha kecil mikro dilakukan di Masjid ini, seperti pengajian, ngaji al-Qur’an dan konsultasi keagamaan. Termasuk edukasi bagaimana membangun kampung bebas riba.

Soft Launching yang bersamaan dengan momentum Milad kedua program BankZiska ini dilaksanakan pada siang hari setelah sholat dhuhur. Seluruh peserta Bimtek Keuangan LAZISMU Jatim kawasan barat break sebentar dan diajak ke kantor utama BankZiska menaiki bus kampus UMPO dan kendaraan operasional lainnya. Tiba di lokasi, peserta langsung sholat dhuhur dan kemudian dilanjut dengan acara soft launching. Sambutan disampaikan oleh Faruq Ahmad Futaqi Manager kantor utama BankZiska di Ponorogo. Selanjutnya Ketua LAZISMU Jatim drh Zainul Muslimin melaunching secara daring (online) dari Madinah, karena tengah menjalankan ibadah umrah.

Setelah launching hadirin diajak berkeliling seluruh ruangan kantor utama BankZiska yang telah berubah karena usai direnovasi. Mulai dari front office yang merupakan layanan KLL, lalu ke ruang layanan BankZiska, BMT, hingga ke ruang pertemuan. Acara makan siang dan menikmati es Dawet Jabung menjadi sajian istimewa. Siang itu semua hadirin berdoa dan berharap semoga Kantor Utama BankZiska yang dilaunching ini bisa menjadi Pusat Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Terintegrasi di Indonesia. (Adt).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*