Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 17 Januari 2022
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Melalui Lazismu, BPKH Salurkan Program Pipanisasi Air Bersih Untuk Warga Terdampak Bencana Gempa Bumi di Lumajang

Melalui Lazismu, BPKH Salurkan Program Pipanisasi Air Bersih Untuk Warga Terdampak Bencana Gempa Bumi di Lumajang

Keberadaan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Muhammadiyah DIsaster Management Center (MDMC) dalam penanganan bencana gempa bumi di dusun Iburojo, Kaliuling, Tempursari Lumajang, masih terus ada. Posko MDMC-Lazismu masih berlangsung hingga hari ke sembilan belas penanganan bencana ini.

Hari Rabu, tanggal 28 April 2021, Lazismu bersama dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengadakan penyerahan secara simbolis bantuan Pipanisasi Pengambilan Air Bersih untuk warga terdampak di dusun Halimo. Bantuan ini diserahkan untuk program kemaslahatan perbaikan saluran air pengadaan air bersih.

Kegiatan yang diadakan di Masjid Darurat al Falah Muhammadiyah Ranting Kaliuling ini dihadiri oleh Camat, Kepala Desa Kaliuling, Kapolsek, Koramil Tempursari, jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), PCM, PRM, serta semua warga yang terdampak bencana.

Peny Tumitah selaku Kepala Desa Kaliuling mengucapkan banyak terima kasih kepada BPKH dan Lazismu yang hingga kini selalu memperhatikan warganya. Apa lagi dalam kondisi pasca bencana seperti ini program Pipanisasi Air Bersih ini sangat bermanfaat bagi warga Halimo, karena sangat di butuhkan, ungkapnya

“Kami dari pihak Desa tidak hanya sekali ini saja bekerja sama dengan Lazismu, tetapi di kegiatan yang lain kami sering bersinergi dalam penanganan kepentingan umat,” tutur Peny.

Suharyo selaku Ketua PDM Lumajang mengucapkan terima kasih kepada BPKH atas bantuan kepada warga terdampak dan kerjasama dengan Lazismu. Menurutnya program kemaslahatan untuk umat ini sangat bermanfaat bagi warga Halimo yang terdampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan sinergi ini terus berlanjut dan kami dari jajaran PDM mengajak semua warga yang berkemampuan dan mempunyai kelebihan rizki untuk bisa berdonasi melalui Lazismu. Bantuan yang terkumpul disalurkan untuk warga yang terdampak bencana ini,” kata Suharyo.

Selain penyerahan bantuan secara simbolis, hari itu juga dilaksanakan kerja bakti di area sumber yang nantinya air akan dialirkan ke permukiman warga melalui program pipanisasi bantuan BPKH. Panjang pipa yang akan mengalirkan air bersih dari sumber ke pemukiman warga sepanjang 5 km. (Kus/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*