Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 9 April 2024
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus » Menguatkan Kembali Iman Tauhid Kepada Para Lansia pada Pesantren Ramadhan LAZISMU Jatim dan IMM Unesa Surabaya

Menguatkan Kembali Iman Tauhid Kepada Para Lansia pada Pesantren Ramadhan LAZISMU Jatim dan IMM Unesa Surabaya

Mengisi aktifitas bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, LAZISMU kantor perwakilan Jawa Timur bersama dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Korkom Unesa Surabaya mengadakan kegiatan Pesantren Lansia. Acara ini dilaksanakan pada hari ahad, 9 April 2023 di Masjid al-Fajr, kawasan perumahan Putat Indah, Dukuh Pakis, kota Surabaya.

Pesantren Lansia ini diikuti oleh sekitar 53 warga lanjut usia, baik laki maupun perempuan, yang tinggal di perkampungan dan perumahan di sekitar kawasan perumahan Putat Indah, Dukuh Pakis. Dalam kesempatan ini LAZISMU menghadirkan ustadz Ferry Yudi Antonis mubaligh dan Ketua Majelis Pelayana Sosial Muhammadiyah Surabaya.

Dalam tausiyahnya Ustadz Ferry menjelaskan tentang Tauhid. Sepanjang sejarah peradaban manusia terdapat sekitar 124.000 Nabi. Namun, menurut ustadz Ferry, yang yang wajib diketahui dan dihafalkan hanya 25 Nabi dan Rasul saja. 5 Nabi diantaranya yang mendapatkan gelar Ulul Azmi.

Semuanya memiliki satu risalah untuk umat manusia, jelas ustadz Ferry. Mulai dari Nabi Adam as sampai dengan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengemban misi risalah guna menyampaikan kata Lailahailallah (Tiada Tuhan selain Allah).

Setiap mukmin yang di dalam jiwanya terpatri kalimat syahadat akan mampu menjadi pribadi yang lebih baik di hadapan Allah Subhanahu Wata’ala. Mereka hanya mengharapkan ridho Allah semata dan mengabdikan hidupnya untuk beribadah. Karena orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir tahu bahwasanya dunia itu adalah sementara dan kehidupan akhirat adalah kekal.

Ustad Ferry kemudian mengajak jamaah yang hadir untuk memaksimalkan ibadah pada bulan Ramadhan ini dengan peningkatan kualitas iman dan taqwa.

“Nah, mumpung kita masih diberikan oleh Allah kesempatan, mari kita maksimalkan bulan Romadhon 1444 Hijriyah ini dengan meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita. Karena kita tidak tahu kapan dan dimana Allah akan mengambil yang menjadi miliknya yaitu nyawa dan kehidupan yang dititipkan kepada kita” jelasnya.

Kegiatan ini menurut Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU wilayah Jatim, merupakan salah satu program Ramadhan 1444 H LAZISMU yang bertemakan “Zakat Kuatkan Indonesia”. Maksud dan spirit dengan kegiatan Pesantren Lansia ini, LAZISMU Jatim bermaksud menguatkan ghirah dan semangat para warga lanjut usia (Lansia) untuk memaksimalkan usia kehidupan yang semakin uzur ini guna lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama warga lansia dengan jamaah Masjid yang hadir. Tak lupa kegiatan juga disertai dengan pembagian paket Kado Ramadhan dari LAZISMU Jatim kepada warga Lansia. (Ddt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*