Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 15 April 2024
Breaking News
You are here: Home » Kolom ZISKA » Saatnya Membayar Zakat Fitrah, Mari Sempurnakan Ibadah Puasa Kita

Saatnya Membayar Zakat Fitrah, Mari Sempurnakan Ibadah Puasa Kita

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

“Dan laksanakanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya (pahala) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Qur’an surat Al Baqarah ayat 110)

Selain berpuasa, ada satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap pribadi muslim pada bulan suci Ramadhan. Satu kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi itu adalah mengeluarkan zakat fitrah. Dimana kewajiban membayar zakat fitrah itu dibebankan kepada setiap pribadi muslim dan muslimah, anak-anak atau dewasa, kaya atau miskin, dengan ketentuan pada malam hari raya mereka memiliki kelebihan dari kebutuhan pokoknya untuk sehari. Jika ketentuan tersebut telah terpenuhi, maka zakat fitrah ini wajib dibayarkan oleh setiap pribadi muslim paling lambat sebelum shalat Idul Fitri dilaksanakan.

Nah, tunggu apa lagi, mari segera tunaikan Zakat Fitrah untuk menyempurnakan ibadah puasa kita. Zakat Fitrah atau Zakat Fitri atau Zakat Nafs (jiwa), diwajibkan ditunaikan pada bulan ramadhan hingga sebelum shalat ‘Idul Fitri sebanyak. Besarnya sebanyak satu sha’(± 2,5 kg / 3,5 liter) beras atau bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Fungsi Zakat Fitrah untuk membersihkan puasa dan mencukupi kebutuhan orang-orang miskin pada hari Raya Idul Fitri.

Zakat Fitrah dapat ditunaikan dalam bentuk beras atau uang melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ), seperti LAZIS Muhammadiyah atau LAZISMU. Besarnya Zakat Fitrah yang dirupakan uang untuk tahun ini adalah Rp 45.000,- per jiwa.

Pembayaran Zakat melalui LAZISMU bisa dengan datang langsung ke kantor LAZISMU, baik kantor wilayah Jawa Timur di Jl Jawa no 5 Buduran Sidoarjo atau di gedung Muhammadiyah Jatim Jl Kertomenanggal IV no 1 Surabaya, maupun di seluruh kantor Daerah kabupaten kota dan Kantor Layanan LAZISMU yang ada di Jawa Timur.

Zakat fitrah disalurkan kepada golongan fakir miskin yang membutuhkan bahan makanan pada saat hari Raya Idul Fitri maupun pada hari-hari berikutnya. Nah tunggu apa lagi, lekas menunaikan Zakat Fitrah sebelum melaksanakan Sholat Idul Fitri. Pembayaran Zakat Fitrah juga bisa melalui transfer ke rekening Zakat LAZISMU, yaitu:

  • Bank Jatim Syariah No. 6141111999 a/n Lazismu Jatim Zakat
  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000009994 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM ZAKAT
  • Bank Muamalat No. 7710015630 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (ZAKAT)
  • Konfirmasi Donasi : 0851-6170-2078

LAZISMU sebagai Unit Pembantu Persyarikatan (UPP) dan juga sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang mengikuti regulasi negara (UU) turut serta berpartisipasi melaksanakan program-program Muhammadiyah. LAZISMU berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. Keberadaan LAZISMU dimaksudkan sebagai Lembaga pengelola zakat dengan manajemen modern yang dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*