Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 9 April 2024
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Selama Bulan Januari 2023 LAZISMU KP Jatim Telah Salurkan Dana ZISKA Rp 758,8 Juta

Selama Bulan Januari 2023 LAZISMU KP Jatim Telah Salurkan Dana ZISKA Rp 758,8 Juta

Penyaluran yang tepat sasaran, efektif dan efisien menjadi prioritas pengelolaan dana amanah ummat. Selama bulan Januari 2023, LAZISMU Kantor Perwakilan Wilayah (Kanperwil) Jatim telah menyalurkan dana Zakat, Infaq, Shadaqah dan dana Sosial Keagamaan lainnya (ZISKA) sebesar Rp 758.891.500,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Satu Ribu Lima Ratus Rupiah). Jumlah penyaluran itu hanya pada LAZISMU Kantor Perwakilan Wilayah Jatim saja tidak termasuk kantor Daerah dan Kantor Layanan (KLL) se-Jatim.

Menurut Aditio Yudono, Wakil Ketua LAZISMU Jatim yang membidangi program pentasharufan dan kerjasama, dana ZISKA tersebut tersalurkan pada lima pilar program; pendidikan, kesehatan, sosial kemanusiaan, dakwah dan ekonomi. Porsi penyaluran terbesar masih pada penyaluran untuk pilar sosial kemanusiaan yaitu untuk program penanganan kebencanaan di Cianjur (Indonsia Siaga), terutama untuk dana pembangunan Musholla terdampak gempa, paket bantuan pangan, pemberangkatan Relawan untuk masa pemulihan, dan dana ta’awun kebencanaan nasional. Total disalurkan untuk program Indonesia Siaga ini sebesar Rp 704,7 juta.

Porsi kedua adalah untuk penguatan program pemberdayaan ekonomi melalui program BankZiska (Bantuan Keuangan Usaha Super Mikro berbasis Dana ZISKA), khususnya yang dilaksanakan bersama mitra sinergi yaitu Baitul Maal Wattamwil (BMT) Hasanah di Ponorogo. Total dana yang telah dikeluarkan untuk pemberdayaan mitra usaha super mikro melalui program BankZiska adalah sebesar Rp 23,3 juta.

Sementara itu dalam pilar pendidikan telah disalurkan dana sebesar Rp 17,6 juta untuk memberikan beasiswa (biaya kebutuhan hidup) bagi 9 orang mahasiswa dan mahasiswi asal Jawa Timur yang sedang menempuh studi pada berbagai Perguruan Tinggi di Sudan, Afrika. LAZISMU Jatim juga membiayai keberangkatan mahasiswa kader IMM Jatim yang akan studi di Iran.

Pilar program Dakwah diisi dengan kegiatan membagikan paket makanan Jumat berkah yang didukung dengan dana sebesar Rp 7,7 juta selama sebulan dengan penerima manfaat sebanyak 767 orang. Sedangkan untuk pilar kesehatan telah dikeluarkan dana sebesar Rp 5,4 juta untuk operasional antar jemput 19 pasien dengan Ambulance Gratis baik di dalam kota maupun luar kota, selama bulan Januari 2023.

Aditio menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dukungan dan partisipasi para Muzaki, Dermawan dan Donatur yang telah menyalurkan dana ZISKAnya melalui LAZISMU. LAZISMU Jatim senantiasa berupaya menyalurkan dana ZISKA kepada yang berhak menerima dengan secara amanah dan tepat sasaran. (Ddt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*