Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 April 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Tim Muhammadiyah Adakan Layanan Pengobatan di Lokasi Terpencil Terdampak Gempa Bumi Dahsyat Maroko

Tim Muhammadiyah Adakan Layanan Pengobatan di Lokasi Terpencil Terdampak Gempa Bumi Dahsyat Maroko

Layanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi untuk para penyintas gempa Maroko. Sulitnya akses menuju lokasi terdampak yang berada di pegunungan High Atlas membuat distribusi bantuan mengalami kendala. Meski demikian, Muhammadiyah telah berhasil mencapai titik terisolir dan membuka layanan kesehatan.

Al Afik dari Emergency Medical Team (EMT) Muhammadiyah menuturkan, saat berhasil menembus titik terisolir di sebuah desa yang sulit dijangkau, pihaknya merasakan bahwa kondisi para penyintas di pengungsian cukup mengkhawatirkan. Muhammadiyah pun membuka layanan kesehatan di titik tersebut, yaitu di Desa Ighermane.

“Kita membuka layanan kesehatan darurat secara simpel. Kita bisa sambil assessment sambil melakukan pelayanan. Ternyata kita baru buka sebentar sudah luar biasa, banyak keluhan-keluhan seperti bekas-bekas luka akibat gempa,” terang Afik yang juga merupakan perawat dari tim asistensi ini.

Ke depan, lanjut Afik, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Maroko untuk melakukan aksi lanjutan berdasarkan assessment awal yang didapatkan saat membuka layanan kesehatan tersebut. Terlebih fasilitas kesehatan yang letaknya cukup jauh.

“Untuk seminggu hingga dua minggu ke depan pasti ada masalah-masalah kesehatan yang dibutuhkan mereka. Kita harus jemput bola, tidak bisa mereka dituntut untuk datang ke lokasi, sangat jauh,” tegas Afik.

Sementara itu, Direktur Penghimpunan dan Kerja Sama Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Edi Muktiono mengapresiasi respons cepat dari tim asistensi dan PCIM Maroko di lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa amanah bantuan yang disampaikan melalui Lazismu akan disalurkan secara tepat sasaran kepada penyintas gempa Maroko.

“Ini adalah respons cepat dari Persyarikatan Muhammadiyah. Poin khususnya adalah Muhammadiyah bisa masuk memberikan bantuan. Ini perlu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa bantuan dari Muhammadiyah bisa kita salurkan melalui PCIM Maroko,” ungkap Edi.

Edi pun menegaskan bahwa Lazismu sedang menjalankan penggalangan dana di seluruh tingkat, baik pusat, wilayah, daerah, dan kantor layanan. Ia pun mengajak masyarakat untuk terus menyalurkan bantuan melalui Lazismu. [Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]

Berikut ini foto-foto layanan Kesehatan Muhammadiyah merespon gempa bumi dahsyat yang terjadi di Maroko, Afrika Utara.

Mari bantu para penyintas gempa bumi Maroko!

Saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Maroko saat ini sangan membutuhkan uluran tangan. Mari ulurkan tangan kita dengan berbagi melalui transfer donasi untuk membantu mereka!

Yuk, kita bantu saudara-saudara kita di Maroko dengan memberikan donasi terbaik sobat tangguh melalui. Transfer donasi ke rekening LAZISMU kemanusiaan.

  • Bank Mu’amalat – No. 7710015635
  • BSI – No.  9000002221
  • Untuk donasi lewat website bisa mengakses ke https://lazismujatim.org/

Untuk konfirmasi Donasi, transfer WA ke : 0851-5606-3595 dan informasi WA ke : 0851-6170-2078.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*