Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 9 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » News » Aksi Khitan Masal Muhammadiyah untuk 50 Anak Warga Terdampak Erupsi Semeru di Pronojiwo, Lumajang

Aksi Khitan Masal Muhammadiyah untuk 50 Anak Warga Terdampak Erupsi Semeru di Pronojiwo, Lumajang

Masa pemulihan warga terdampak erupsi gunung Semeru di Lumajang masih terus dilaksanakan oleh Muhammadiyah, baik tingkat Wilayah maupun Daerah. Kiprah Muhammadiyah di kawasan bencana dilaksanakan, terutama oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU), Amal Usaha Muhammadiyah, Ortom dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah serta didukung penuh oleh Lazismu. Berbagai kegiatan pada masa pemulihan telah dilakukan antara lain Psikososial, Layanan Kesehatan, pemberian Family Kit, dan kegiatan lainnya hingga proses persiapan pembangunan Hunian Sementara (Huntara).

Kegiatan berikutnya, pada hari ahad ini (16/1/22) terselenggara Khitanan Masal yang bertempat di gedung Balai Pertanian, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Kegiatan dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pronojiwo yang beraksi bersama dengan MDMC dan didukung oleh RS Muhammadiyah Gresik, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Jawa Timur, dan juga Lazismu.

Indra Ferry, Koordinator Poskor MDMC di Pronojiwo, menyatakan bahwa kegiatan Khitanan Masal ini merupakan bagian dari aksi kemanusiaan Muhammadiyah di kawasan terdampak bencana erupsi gunung Semeru, kabupaten Lumajang.

“Alhamdulillah, Muhammadiyah melalui berbagai Lembaga/Majelis dan Amal Usaha terus meluaskan kiprah dan geraknya di kawasan terdampak bencana alam. Hari ini kita bersama PCM Pronojiwo mengadakan Khitanan Masal sebagai pendukung aktifitas kebencanaan pada masa pemulihan dan rehabilitasi” kata Indra Ferry di Pronojiwo ketika dihubungi melalui jaringan WA.

“Jumlah Peserta khitanan 50 anak, yang sebagian besar adalah keluarga terdampak erupsi gunung Semeru. Melalui kegiatan ini kami ingin semakin mendekat kepada warga di Pronojiwo. Tidak hanya semata memfasilitasi adik-adik dalam menjalankan kewajiban berkhitan, namun kami ingin selalu menjalin tali silaturrahim lebih erat dan membangun kedekatan hati dengan warga,” jelas Indra Ferry.

“Suasana pagi ini di Pronojiwo sungguh cerah dan menggembirakan, walaupun terdapat wajah-wajah tegang di antara anak-anak peserta Khitan. Maklum namanya juga anak-anak ketika akan dikhitan pasti ada yang merasa takut. Namun hal tidak perlu kuatir karena Khitanan ini didukung oleh para dokter dan medis MPKU terutama dari RS Muhammadiyah Gresik,” tambah Indra Ferry.

“Akhirnya kami berdoa dan berharap semoga kegiatan yang telah kami laksanakan selama ini bermanfaat bagi warga terdampak dan anak-anak yang dikhitan semuanya menjadi anak yang Sholeh, berbakti kepada orang tua dan berguna bagi sesama” harap Dosen muda jurusan Perikanan UMM yang juga sebagai Koordinator Relawan MDMC Jatim.

Kesempatan ini digunakan Relawan MDMC untuk menyalurkan bantuan dan donasi dari para dermawan. Pada akhir acara, Relawan membagikan bingkisan kepada para peserta Khitan. Bingkisan berisi kopiah, sarung, sajadah, kudapan dalam kemasan dan sebagaimana mestinya pada Khitanan Masal. Tangis sebagian adik-adik yang dikhitan ini pun berhenti dalam sekejap, berubah menjadi senyum dan tawa. Orang tua yang mengantar anak mereka sejak pagi menjadi lega bercampur gembira. (Ad)

Ingin berdonasi melalui website ?

  • Silahkan klik…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*