Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 5 Maret 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Bantuan Logistik dan Medis LAZISMU Siap Masuk Lagi ke Gaza Palestina

Bantuan Logistik dan Medis LAZISMU Siap Masuk Lagi ke Gaza Palestina

Sebagaimana dilansir pada website resmi Muhammadiyah, berbagai persiapan terus dilakukan oleh LAZISMU untuk memaksimalkan bantuan donasi masyarakat Indonesia ke Gaza, Palestina. Tim Advance EMT Muhammadiyah yang telah tiba di Mesir untuk menunaikan tugas memberikan bantuan dan pelayanan kepada warga di Gaza melakukan berbagai langkah cepat. Salah satunya adalah memastikan persiapan untuk pengiriman bantuan logistik medis berjalan dengan baik.

Pada Jumat (25/01), tim menyambangi gudang kemanusiaan Gazze Destek Derneği (GDD) di kawasan Badr City, Kairo, Mesir. Di tempat ini, tim disambut oleh Dr. Ahmad Abdul Ati yang bertanggung jawab terhadap pengadaan bantuan obat-obatan. Gudang kemanusiaan GDD di Badr City berfungsi untuk mengelola logistik medis. Bantuan logistik medis Muhammadiyah yang dipersiapkan meliputi 16.000 buah Wideprex, 9.640 buah Corvizim, 350 buah Metronidazole, dan 5.017 buah Sunnyfungal.

“Bantuan obat tersebut sudah sesuai dengan permintaan dan kebutuhan di Palestina. Kami juga mendapatkan penjelasan yang cukup rinci dari pengelola (Dr. Ahmad Abdul Ati),” terang salah satu anggota Advance EMT Muhammadiyah, dr. Tri Yunanto Arliono.

Terkait kerja sama yang dijalin dengan GDD, Huda Khairun Nahar yang bertanggung jawab terhadap logistik Advance EMT Muhammadiyah memuji kinerja lembaga mitra tersebut. “Dari aspek manajemen logistik pergudangan kami menilai petugas di gudang GDD ini sangat teliti dengan hal-hal yang penting untuk membangun kepercayaan publik seperti pemasangan spanduk dari lembaga penyumbang bantuan, label barang, dan pangepakan barang,” ungkapnya.

Senada, Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Gunawan Hidayat menyebutkan bahwa GDD merupakan lembaga yang memiliki kredibilitas dan profesionalisme cukup baik. Rencananya Advance EMT Muhammadiyah akan mengirimkan bantuan logistik medis yang akan dilepas Ahad (28/01).

“Kami sudah melihat secara langsung dan bertemu dengan pengelola di lokasi gudang. Kami juga melihat bagaimana para petugas menata barang bantuan dengan penuh cekatan di bawah kontrol manajemen. Bahkan kami juga melihat laporan tim media mereka yang melaporkan persiapan hingga perjalanan truck bantuan menuju Palestina,” terang Gunawan yang turut serta dalam rombongan tim.

GDD merupakan sebuah organisasi kemanusiaan yang fokus untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di daerah-daerah yang membutuhkan seperti Turki, Palestina, Lebanon, Yaman, Suriah, dan Yordania. GDD turut andil dalam membantu proses distribusi bantuan Muhammadiyah yang dihimpun oleh Lazismu menuju Palestina dan tiba di perbatasan Rafah pada 17 Desember 2023. Pengiriman bantuan ini dilakukan melalui koordinasi Indonesia Humanitarian Alliance (IHA) dan diterima oleh Palestine Red Crescent Society atau Bulan Sabit Merah Palestina.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah]

Rekening Lazismu Kebencanaan dan Kemanusiaan

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*