Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Akhirnya Aditya Difabel di Madiun Ini Bisa Merespon Ketika Alat Bantu Dengar Terpasang dan Berfungsi pada Telinganya

Akhirnya Aditya Difabel di Madiun Ini Bisa Merespon Ketika Alat Bantu Dengar Terpasang dan Berfungsi pada Telinganya

Peran Lazismu sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Lazismu hadir untuk memberikan solusi permasalahan masyarakat yang membutuhkan, apakah itu manusia normal atau warga difabel. Saya M Indrik, Sebagai Ketua Lazismu Kabupaten Madiun, mata, telinga dan seluruh indera saya harus senantiasa siap siaga setiap saat, mencermati dan merespon lingkungan dimana saya berpijak.

Malam itu pada akhir bulan Juli 2021, saya dan rekan sempat mampir untuk membeli nasi goreng kaki lima depan Universitas Muhammadiyah Madiun (eks STISIP Muhammadiyah Madiun). Sambil menunggu pesanan jadi saya sempat ngobrol dengan Pak Ardi, penjual nasi goreng tersebut. Pak Ardi bercerita bahwa di masa PPKM ini pendapatannya sangat berkurang karena ada pembatasan jam buka warung. Seringkali dia pulang dengan membawa sisa barang dagangannnya yang belum laku.

Kemudian saya bertanya tentang keluarga dan anaknya. Dia bercerita bahwa anak pertamanya kelas 6 SDLB bernama M Aditya adalah penderita difabel tuna rungu sejak lahir. Pada tahun 2017 ia sudah mengajukan bantuan Alat Bantu Dengar ke Dinsos Kota Madiun, tapi sampai saat ini belum terealisasi.

Kemudian saya tergerak untuk mencoba mencarikan bantuan. Pertama melalui Lazismu baik Kabupaten Madiun dimana saya aktif di dalamnya, maupun mengajak serta Lazismu Kota Madiun dalam hal ini Kantor Layanan RSI Siti ‘Aisyah Madiun.

Pertama yang dilakukan adalah assessment atas kondisi ananda M Aditya, putra Pak Ardi. Aditya dikonsultasikan ke spesialis THT yaitu dr. Cici Sunihapsari, Sp.THT dan dilakukan pemeriksaan ulang termasuk audiometri. Berdasarkan konsultasi dengan dokter Cici, disarankan untuk menghubungi salah satu perusahaan Alat Bantu Dengar di Solo untuk pengadaan alat bantu dengar. Rupanya, ananda Aditya mengalami tuli syaraf dengan derajat berat.

Langkah kedua, Lazismu menghubungi PT ABDI di Solo, melalui Pak Bondan untuk konsultasi hasil pemeriksaan Audiometri yang telah dilakukan dan menanyakan perkiraan harga alat bantu dengar yang sesuai dengan kondisi Ananda Aditya.

Jum’at, tanggal 9 September 2021 Lazismu Kabupaten Madiun dan KL Lazismu RSI Madiun mengantar ananda Aditya ke PT Abdi Solo untuk memasang alat bantu dengar.

Sebuah kebahagiaan yang tak terkira tersirat di wajah Pak Ardi, ayah dari ananda Aditya ketika alat bantu dengar tersebut terpasang di telinga anaknya. Penantian selama 12 tahun agar anaknya bisa mendengar terbayar hari itu. Dia bisa melihat respon anaknya ketika dipanggil, langsung menjawab walau agak terbata-bata.

“Terimakasih Lazismu atas bantuannya sehingga anak saya bisa merdeka untuk mendengar. Semoga Alloh membalas kebaikan para donatur Lazismu,” kata Pak Ardi.

Program Indonesia Mendengar dengan bantuan Alat Bantu Dengar ini terselenggara atas kerjasama Lazismu Kabupaten Madiun dengan Lazismu Kota Madiun melalui Lazismu KL RSI Siti Aisyah Madiun. Semoga Lazismu bisa memberikan solusi atas permasalahan ummat dengan program-program lainnya. Lazismu, Memberi Untuk Negeri.

Oleh : M. Indrik, Ketua Lazismu Kabupaten Madiun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*