Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » News » Berikan Semangat dan Bekal Kepada Anak Panti Asuhan pada Baitul Arqom se-Jatim

Berikan Semangat dan Bekal Kepada Anak Panti Asuhan pada Baitul Arqom se-Jatim

Misi utama Muhammadiyah adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Guna merealisasikan gagasan tersebut Muhammadiyah melaksanakan dakwah Islam amar makruf nahi munkar dan tajdid yang diwujudkan dalam usaha-usaha di segala bidang kehidupan.

Usaha tersebut diantaranya diwujudkan dalam Amal Usaha Sosial Muhammadiyah (AUMSOS). AUMSOS merupakan kesatuan fungsional sebagai lembaga dakwah dan perkaderan Muhammadiyah beserta kepentingannya sebagai lembaga sosial, termasuk membina anak asuh Panti.

Oleh karena itu sebanyak 158 anak asuh tingkat SMA dari 46 Panti Asuhan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Jawa Timur mengikuti kegiatan Baitul Arqom yang diselenggarakan oleh Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 5-6 Juli 2022 di gedung Islamic Center, Jl Raya Dukuh Kupang Surabaya.

Menurut Dzulkifli Mokhtar, Anggota MPS PWM Jatim yang juga sebagai Panitia, Baitul Arqom MPS PWM Jawa Timur ini merupakan pengkaderan bagi anak asuh AUMSOS Jawa Timur tingkat SMA.  Rakerwil MPS PWM Jawa Timur mengamanatkan penyelenggaraan Baitul Arqom bagi anak asuh AUMSOS se Jawa Timur secara berjenjang. Baitul Arqom tingkat SD dilaksanakan oleh AUMSOS (Panti Asuhan) atau MPS di tingkat PCM. Sedangkan tingkat SMP oleh MPS PDM dan tingkat SMA oleh MPS PWM Jawa Timur.

Kegiatan yang didukung oleh LAZISMU ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak asuh serta menyamakan persepsi tentang pengamalan ibadah syari’ah yang sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah. Selain itu dimaksudkan juga sebagai embrio terbentuknya Ikatan Santri Panti Pesantren Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (ISPAMA).

Drh Zainul Muslimin, Ketua LAZISMU wilayah Jatim hadir memberikan materi tentang Motivasi Hidup Mandiri (06/07/22). Ia mengajak anak-anak Panti Asuhan agar menatap masa depan dengan penuh semangat, optimis dan selalu berpikir positif. Zainul menekankan agar dalam meraih impian dan cita-cita, anak asuh harus mempunyai motivasi dalam kehidupan ini. Ini semata agar anak asuh selepas lulus sekolah dan keluar dari dari Panti nantinya dapat hidup mandiri, sukses meraih cita, sejahtera dan tidak membuat beban bagi masyarakat.

Tak lupa sebanyak 230 dos Mie Helti, produk mie sehat LAZISMU, dibagikan oleh LAZISMU wilayah Jatim untuk dibawa pulang oleh anak asuh ke Panti masing-masing, sebagai salah satu program penguatan ketahanan pangan bagi anak yatim piatu. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*