Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 25 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » Ekonomi » Atasi Dampak Pandemi, Lazismu Gencarkan Pemberdayaan UMKM dengan Tebar Gerai ‘Chickenmu’ di Bojonegoro

Atasi Dampak Pandemi, Lazismu Gencarkan Pemberdayaan UMKM dengan Tebar Gerai ‘Chickenmu’ di Bojonegoro

Pemberdayaan UMKM tengah digencarkan Lazismu di Bojonegoro. Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai di tanah air, ditambah dengan berbagai kebijakan pembatasan telah membuat banyak pengangguran akibat tindakan PHK oleh banyak perusahaan. Keberlangsungan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) pun turut terpengaruh.

Untuk itulah Lazismu kabupaten Bojonegoro menggencarkan program pemberdayaan UMKM dengan menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang terdampak pandemi. Salah satunya adalah membuka kesempatan munculnya 30 calon pengusaha baru dengan memberikan bantuan Gerobak atau gerai (outlet) ayam goreng merek Chickenmu.

Menurut Rudi Suparno, Manajer Lazismu kabupaten Bojonegoro, tidak hanya diberi bantuan gerobak, tetapi ke 30 calon pengusaha baru itu diberikan pelatihan dan pembinaan secara berkala tentang bisnis penjualan ayam goreng merek Chickenmu itu. Ketika melaunching Pemberdayaan UMKM Chickenmu di gedung PDM, Jl Teuku Umar no 46 Bojonegoro, Sabtu (28/8/21), Rudi menjelaskan bahwa program ini adalah satu paket yakni pemberian modal usaha berupa gerobak dan isinya, serta pelatihan dan pembekalan bagi pengusahanya.

“Alhamdulillah pada hari Sabtu ini, 28 Agustus 2021, Lazismu Bojonegoro melaunching sekaligus memberikan bantuan pemberdayaan 30 orang calon pengusaha UMKM berupa Gerobak senilai Rp 5 juta beserta paket usaha lengkap. Selain itu mereka juga mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha bisnis ayam goreng atau fried Chicken” kata Rudi menjelaskan program tersebut.

“Sebelumnya kami telah membuka pendaftaran secara umum melalui online siapa saja warga Bojonegoro yang tertarik dengan usaha ini. Kemudian berkas-berkas persyaratannya dikirim ke kantor kami. Tentunya mereka sudah punya calon lokasi usaha dan bersedia mematuhi segala aturan yang ditetapkan oleh Lazismu” tambah Rudi.

“Semoga ke-30 penerima bantuan usaha pemberdayaan UMKM Lazismu ini sukses semua dan mereka dapat bangkit kembali guna meraih taraf kesejahteraan hidup yang lebih baik. Terima kasih kepada donatur, dermawan dan Muzaki yang telah memberikan sebagian hartanya untuk kemaslahatan ummat. Semoga Allah SWT membalas amalan kebaikan Anda semua. Aamiin” harap Rudi.

Acara Launching Chickenmu dan dihadiri oleh Ketua Lazismu Jatim drh Zainul Muslimin, Ketua dan jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kabupaten Bojonegoro serta para undangan dan ke-30 penerima bantuan UMKM. Sementara itu Ketua PDM Bojonegoro Suwito menyatakan bahwa penyerahan bantuan UMKM berupa 30 gerobak fried chicken Lazismu Bojonegoro dengan brand Chickenmu membuktikan bahwa Muhammadiyah turut serta berkiprah memberdayakan umat.

“Kita hidup itu menyampaikan dan harus bersungguh-sungguh dalam berdakwah, tentu dengan berbagai macam cara guna mengentaskan kemiskinan. Harus pula ditingkatkan sinergi antar majelis dan AUM. Selain itu juga meningkatkannya dengan produk-produk lain yang bermanfaat seperti daging sapi dan bebek” kata Suwito dalam sambutannya.

Drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu wilayah Jatim menyampaikan pentingnya ummat Islam membangun jaringan dan sinergi ekonomi yang kuat terutama kepada sesama jamaah dan gemar berinfak serta bersedekah seiring dengan meningkatnya omzet usaha.

“Kita harus membangun jaringan ekonomi yang kuat antar sesama jamaah, agar perputaran ekonomi ini berkembang dan meningkatkan perekonomian saudara sejamaah. Jika jamaah kita kuat, baik iman maupun ekonominya, insyaAllah dakwah kita berjalan dengan baik. Selain itu mari kita-kita yang mempunyai usaha ini agar gemar berinfaq dan bersedekah serta berzakat, agar usaha kita ini berkah, bermanfaat dan diridhoi Allah SWT” ajaknya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*