Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Genjot Semangat Relawan Guna Tingkatkan Potensi UMKM Melalui Baitul Arqom BankZiska di Ponorogo

Genjot Semangat Relawan Guna Tingkatkan Potensi UMKM Melalui Baitul Arqom BankZiska di Ponorogo

Baitul Arqam Bankziska Lazismu dengan tema “Inovasi Sosial untuk Pencapaian SDGs” digelar di Gedung Pusat Dakwah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sambit Komplek Al Birr Desa Sambit Kecamatan Sambit Ponorogo pada Sabtu 16 April 2022 yang berlangsung mulai pagi hari hingga menjelang buka puasa.

Baitul Arqam Bankziska dibuka oleh Ketua Lazismu Wilayah Jawa Timur drh. Zainul Muslimin. Dalam acara ini turut hadir pemateri-pemateri hebat diantaranya Ketua PDM Ponorogo Drs. Muh Syafrudin, M.A, Direktur Pemberdayaan Lazismu Pusat Imam Hambali, M.E.I, Wakil Rektor I UMSIDA Dr. Hana Catur Wahyuni, S.T., MT, Dr Kumara Adji Kusuma, S.Fil.I., CIFP Ahli Ekonomi Islam UMSIDA dan Direktur Utama Bankziska Dr. Ir. Agus Edi Sumanto, M.M., M.Si.

Pelaksanaan Baitul Arqam Bankziska Lazismu  ini turut dihadiri pula oleh mitra dan relawan. Mitra yang hadir merupakan para UMK dengan beragam usaha. Disela-sela acara juga terdapat penyerahan paket sembako kepada para relawan Bankziska yang langsung diserahkan oleh Ketua Lazismu Wilayah Jawa Timur drh. Zainul Muslimin. Beliau sangat mengapresiasi kinerja para relawan yang senantiasa tulus ikhlas mendampingi mitra Bankziska.

Beragam materi disampaikan pada acara Baitul Arqam ini, salah satunya “Sertifikasi Halal UMKM” oleh Wakil Rektor I UMSIDA. “Budaya bersaing menjadi budaya kerjasama atau  kolaborasi,  dengan beli bahan baku yang bersama-sama, mengurus sertifikat, ijin usaha yang bersama-sama pula akan lebih mudah dan lebih dapat difasilitasi,” ungkapnya dalam paparan materinya. Para mitra UMKM yang telah dibiayai oleh Bankziska akan diberdayakan melalui model pemberdayaan salah satunya melalui pengurusan sertifikasi halal.

Sementara itu, menariknya lagi seperti yang dikatakan oleh Dr. Kumara Adji bahwa Bankziska merupakan bagian dari lembaga keuangan pertama di dunia yang melayani pembebasan manusia dari riba, memberikan layanan mikorkredit kepada masyarakat secara Islami, yang mana kekuatan Bankziska berada pada para relawan.

Dr. Ir. Agus Edi Sumanto, M.M., M.Si selaku Direktur Utama Bankziska mengungkapkan, “mitra Bankziska semakin hari harus bisa tumbuh dan naik kelas sehingga usahanya dapat berkembang dan maju, agar tidak tergantung dengan rentenir,” harapnya.

Serangkaian materi dan gagasan disampaikan dalam Baitul Arqam Bankziska Lazismu ini. Yang menjadi titik poin bahwa Bankziska memiliki jiwa sosial dengan program model pemberdayaan yang dapat meningkatkan kualitas para mitra. Dengan sinergi Bankziska dengan seluruh mitra dan relawan akan bisa memberdayakan UMKM yang unggul dan maju sehingga dapat beralih dari mustahik menjadi muzakki. (nunung/ponorogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*