Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sabtu , 26 November 2022
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Dua Syekh Palestina Ahmad Saleem Abu Anza & Osama al-Yacoubi Berihlah Dakwah di Jawa Timur Gelorakan Solidaritas Untuk Masjidil Aqsha

Dua Syekh Palestina Ahmad Saleem Abu Anza & Osama al-Yacoubi Berihlah Dakwah di Jawa Timur Gelorakan Solidaritas Untuk Masjidil Aqsha

Dua Syekh asal jalur Gaza Palestina yaitu Ahmad Saleem Abu Anza dan Osama al-Yacoubi kini tengah berihlah dakwah (Safari) selama bulan Ramadhan 1443 hijriyah. Bersama LAZISMU mereka berkeliling berbagai daerah di Jawa Timur. Keduanya mengemban misi menguatkan persaudaraan Islam, menebarkan salam perdamaian dunia dan menggalang dukungan dan solidaritas rakyat Indonesia untuk perjuangan bangsa Palestina.

Kedua Syekh sama-sama berasal dari wilayah jalur Gaza. Jalur Gaza merupakan wilayah terpisah dari Tepi Barat (West Bank) dimana ibukota Palestina, Yerusalem berkedudukan. Yang membedakan, keduanya adalah tujuan kedatangan dan daerah asalnya. Syekh Ahmad Saleem Abu Anza berasal dari daerah Khan Younis, sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi dari daerah Kota Gaza.

Syekh Ahmad Saleem Sulaiman Abu Anza datang ke Indonesia bersama kelima Syekh lainnya yang juga bertujuan melakukan safari dakwah selama bulan Ramadhan di tanah air. Mereka didatangkan oleh QNM selaku koordinator Syekh Palestina di Indonesia. Syekh Ahmad Saleem bersafari dakwah bersama LAZISMU di Jawa Timur.

Sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi datang ke Indonesia sudah dua tahun yang lalu, tepatnya sebelum tibanya masa pandemi Covid-19. Osama al-Yacoubi datang ke Indonesia untuk tujuan studi S2 atas beasiswa dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ia belajar bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama satu tahun dan kemudian menempuh jenjang S2 program studi Manajemen Administrasi Rumah Sakit di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk masa dua tahun.

Safari Dakwah Syekh Ahmad Saleem Abu Anza bersama LAZISMU dimulai dari tanggal 1 hingga 24 April 2022. Syekh Saleem berihlah ke daerah-daerah seperti Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Jember, Mojokerto dan Jombang. Sedangkan Syekh Osama al-Yacoubi mulai tanggal 15 hingga 20 April 2022 ke daerah Malang Raya, Blitar, Tulungagung dan Madiun.

Pada bulan Ramadhan 1443 hijriyah ini, wilayah Palestina yang sudah terkoyak-koyak dan perekonomiannya diembargo habis-habisan oleh Barat kembali dihajar para Zionis Israel. Kabar terbaru Zionis Israel menyerbu Masjidil Aqsha dan menyerang ummat Islam yang beribadah di dalamnya. Kota Gaza pun tak lepas dari intaian Israel. Zionis mengebom beberapa kawasan di jalur Gaza sehingga mengakibatkan korban jiwa dan kerugian yang luar biasa besar.

Saat ini ketika kedua Syekh asal Palestina, Ahmad Saleem dan Osama al-Yacoubi, berihlah dakwah di Jawa Timur, keluarga, rekan, sahabat dan sanak saudaranya di tanah air mereka dalam kondisi yang terancam. Sebab setiap saat serangan agresor Israel dapat menimpa mereka.

Oleh sebab itu kedua Syekh ini menyerukan dukungan dan menggelorakan solidaritas untuk perjuangan bangsa Palestina dari rakyat Indonesia dan masyarakat Jawa Timur pada khususnya. Ada tiga cara yang ditempuh untuk mendukung dan membantu perjuangan rakyat Palestina, yaitu dengan keberpihakan, doa dan donasi.

Keberpihakan penting karena antara Indonesia dan Palestina memiliki kedekatan dan kesamaan nasib sebagai bangsa yang pernah menderita karena terjajah. Keberpihakan dapat ditunjukkan dengan penyebaran informasi tentang perjuangan Palestina khususnya kepada generasi muda melaljui berbagai media, terutama medsos.

Dukungan doa dari rakyat Indonesia diperlukan untuk memohon kepada Allah SWT agar rakyat Palestina senantiasa diberikan keselamatan dan kekuatan dalam perjuangannnya melawan Zionis Israel.Terakhir tak kalah penting adalah dukungan donasi dana untuk Palestina. Menyalurkan donasi ke Palestina haruslah memilih lembaga yang tepat dan mempunyai program yang jelas agar tidak salah sasaran.

LAZISMU dalam pembelaan terhadap perjuangan rakyat Palestina memilik program-program seperti kesehatan, pangan dan pendidikan. Untuk kesehatan donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Rumah Sakit di Palestina dalam bentuk dana pembangunan Rumah Sakit Islam Indonesia di Hebron, pembelian obat-obatan dan pengadaan mobil ambulance.

Untuk bantuan pangan disalurkan kepada rakyat yang paling membutuhkan, terutama di Gaza. Sedangkan bantuan pendidikan disalurkan untuk memberikan beasiswa kepada generasi muda Palestina untuk bisa sekolah dan berkuliah, baik di negaranya maupun ke Indonesia. (ad)

Donasi terbaik untuk Palestina bisa ditransfer ke rekening LAZISMU..

Rekening Lazismu Kemanusiaan..

  • Bank Mu’amalat No. 7710015635 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR
  • Bank Syariah Indonesia BSI 9000002221 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM HUMANITY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*