Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 17 Januari 2022
Breaking News
You are here: Home » Filantropi » Indonesia Dinilai Sebagai Nagara yang Paling Dermawan di Dunia

Indonesia Dinilai Sebagai Nagara yang Paling Dermawan di Dunia

Sebuah laporan dari Charities Aid Foundation (CAF) menilai Indonesia adalah negara yang masyarakatnya paling dermawan di dunia. Negara Indonesia memiliki skor Indeks tertinggi secara keseluruhan dengan peningkatan skor 69, naik dari 59 terakhir kali Indeks tahunan diterbitkan pada tahun 2018. Lebih dari delapan dari 10 orang Indonesia menyumbangkan uang pada tahun 2020 dan negara ini memiliki tingkat sukarelawan yang jauh lebih tinggi dari rata-rata. Laporan Charities Aid Foundation itu dirilis pada 14 Juni 2021.

Charities Aid Foundation atau Yayasan Bantuan Amal (CAF) adalah LSM yang bekerja dengan mitra di seluruh industri, pemerintah dan dengan individu dermawan untuk memastikan pendanaan penting yang menjangkau badan amal di seluruh dunia. Misi CAF adalah untuk menciptakan keadilan dan masa depan yang berkelanjutan untuk semua.

Neil Heslop Chief Executive Charities Aid Foundation (CAF) menyatakan bahwa hasil laporan tahun ini mengenai indeks kedermawanan dunia, seperti tahun lalu, benar-benar menunjukkan kondisi yang luar biasa. Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada gerakan amal memberi atau kedermawanan di seluruh dunia. Banyak negara kaya yang telah menjadi pendukung gerakan kemurahan hati global pada dekade terakhir ini tidak hanya jatuh dari 10 besar, tapi 20 besar. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil laporan ini dan yang paling penting dari semuanya, bahwa gerakan amal kebaikan sangat merespon dampak pandemi dan mendorong kekuatan dan kemampuan segenap insan untuk membantu sesama.

Penelitian domestik CAF di berbagai negara memberitahu setiap kita bahwa kesediaan untuk memberi dan berbagi tidak berkurang drastis. Gerakan kedermawanan tidak harus dikorbankan pada saat negara melakukan Lock Down kepada rakyat dan perekonomiannya.

Neil mengatakan bahwa hasil laporan ini membawa harapan dan alasan bagi kita untuk menginspirasi budaya memberi yang luar biasa di negara-negara dimana pandemi tengah berlangsung. Donasi atau sumbangan yang berkaitan dengan keimanan dan keagamaan dapat dilihat di Indonesia, Thailand, dan lainnya. Sementara di Afrika dapat dilihat Kenya dan negara-negara sub-Sahara lainnya. Jumlah yang melaporkan telah memberikan bantuan asing cukup mengejutkan yakni 55%, merupakan angka tertinggi yang pernah dicatat dalam survei tahunan CAF. Ini menunjukkan data telah berbicara tentang gelombang kepedulian yang tulus untuk tetangga begitu banyak kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari.

Neil menambahkan bahwa di CAF, dia telah melihat banyak momen kemurahan hati yang luar biasa. Ia sangat bangga ketika banyak klien dan kolega, baik individu maupun bisnis, sangat merespons dengan cepat kebutuhan di lapangan di seluruh dunia. Pemberian bantuan lintas batas yang memungkinkan kami untuk mengirimkan jumlah rekor ke beberapa komunitas paling rentan di planet ini. CAF berkomitmen untuk menggunakan penelitian ini guna menginformasikan dan memajukan visi bersama untuk menghubungkan pendonor dan badan amal sehingga bisa mempercepat kemajuan sosial di seluruh dunia.

Inilah daftar negara 10 besar yang rakyatnya paling dermawan di dunia :

  1. Indonesia
  2. Kenya
  3. Nigeria
  4. Myanmar
  5. Australia
  6. Ghana
  7. New Zeland
  8. Uganda
  9. Kosovo
  10. Thailand

Hal yang patut dicatat dalam laporan ini, Zakat adalah bentuk amal tradisional Islam yang dipraktikkan secara luas di Indonesia, yang hasilnya didistribusikan kembali kepada yang membutuhkan. Laporan menunjukkan bahwa pembayaran Zakat secara global sangat tinggi pada tahun 2020 sebagai tanggapan terhadap pandemi. Di Indonesia, ada seruan dari otoritas agama di Indonesia agar orang-orang menggunakan pembayaran zakat tersebut untuk membantu orang-orang di komunitas mereka yang mengalami kesulitan akibat kemerosotan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi.

Indonesia saat ini memiliki tingkat kesukarelaan dan kedermawanan tertinggi, menunjukkan antusiasme Indonesia untuk gemar bergotong-royong, sebuah praktik gotong royong lintas pulau, etnis dan agama, terutama selama masa darurat pandemi Covid-19. Selamat kepada masyarakat Indonesia, yang mayoritas adalah ummat Islam. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*