Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 3 Maret 2024
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus » Jelang Rakerwil 2024 LAZISMU Jatim adakan Seminar Zakat Dalam Perspektif Syariah, Inovasi Sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)

Jelang Rakerwil 2024 LAZISMU Jatim adakan Seminar Zakat Dalam Perspektif Syariah, Inovasi Sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)

Melaksanakan kewajiban Rukun Islam yakni Zakat, tidak hanya sekedar menunaikan perintah Allah SWT semata sebagaimana firmanNya dalam surat at-Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Kemudian pada Qur’an surat At-Taubah ayat 60, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Dengan kedua ayat al-Qur’an diatas, Zakat diyakini mampu memberikan sumbangsih dalam mendorong keadilan sosial, pembangunan manusia dan mampu mengentaskan kemiskinan. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin modern dan canggih ditambah digitalisasi informasi yang masif diharapkan dapat menghantarkan zakat menjadi bagian dari penyelesai masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi Zakat, Infaq dan Sedekah yang terbilang cukup tinggi. Namun kenyataannya, potensi yang ada belum dikelola dan didayagunakan secara maksimal sehingga tidak memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada. faktanya, Indonesia masih berselimut dengan kemiskinan yang meluas, kebodohan dan indeks pembangunan manusia yang sangat rendah. Semuanya berakibat dan sekaligus disebabkan tatanan keadilan sosial yang lemah.

Maka kehadiran zakat tidak hanya sekedar sebagai gugur kewajiban melaksanakan perintah Allah SWT. Zakat harus dikhidmatkan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. Untuk itu diperlukan inovasi sosial agar pemberdayaan masyarakat dimaksud agar bisa mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Menyemarakkan momen Rakerwil tahun 2024 LAZISMU wilayah Jawa Timur bermaksud menyelenggarakan kegiatan Seminar tentang Zakat, dengan mengambil tema “Zakat Dalam Perspektif Syariah, Inovasi Sosial dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDG’s).

Seminar akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023 mulai pukul 08.30 sd 12.30 WIB, bertempat di Hall gedung The Millenium Building SD Muhammadiyah 4, Jalan Pucang Jajar no 18 Surabaya.

Narasumber yang akan memberikan topik bahasannya adalah Prof Dr Tika Widiastuti, SE, MSi (Guru Besar UNAIR Surabaya), Dr Syamsuddin, MA (Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur) dan Dr Agus Edi Sumanto, MSi (Wakil Ketua LAZISMU Jatim). Bertindak selaku moderator adalah Dr Dian Berkah, MHI (Dewan Pengawas Syariah LAZISMU Jatim).

Bagi warga masyarakat yang ingin mengikuti seminar tersebut bisa mendaftarkan diri melalui Panitia Pelaksana, Sdr Rosyidi WA : 0856-4856-0103 atau Sdri Dinny WA : 0838-3064-8244.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*