Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 25 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Lazismu Bantu Nakes Mendapatkan Asupan Gizi yang Cukup Guna Penuhi Tugas Berat pada Masa Lonjakan Pandemi Covid-19

Lazismu Bantu Nakes Mendapatkan Asupan Gizi yang Cukup Guna Penuhi Tugas Berat pada Masa Lonjakan Pandemi Covid-19

Kepadatan tugas dan kesibukan luar biasa yang dialami oleh para tenaga kesehatan (Nakes), mulai dari dokter, tenaga medis, perawat, hingga petugas pemulasaraan dan ambulan pada masa lonjakan wabah Covid-19 membuat mereka mengeluarkan energi yang ekstra. Jika tak disertai dengan istirahat dan asupan makanan yang bergizi yang cukup maka bisa dipastikan stamina mereka akan mengalami penurunan.

Tidak hanya terjadi di Rumah Sakit (RS) Pemerintah dan Swasta Umum, di Rumah Sakit Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah para Nakesnya juga banyak yang mengalami kelelahan, keletihan, tertekan hingga stamina dan daya tahan tubuh menurun, yang pada akhirnya mengalami situasi dan kondisi yang tidak diinginkan. Keberadaan para Nakes di RS sangat penting dan vital, karena menyangkut kesehatan warga masyarakat pada masa pandemi yang belum juga berakhir. Oleh sebab itu mereka harus dikuatkan terutama stamina tubuhnya agar senantiasa sehat dan bugar melayani banyak pasien di RS.

Melihat hal itu Lazismu Jatim tergerak untuk sedikit membantu meringankan beban para Nakes dengan pengadaan asupan makanan tambahan guna peningkatan gizi. Sebanyak 10.000 Nakes di RSM dan RSA di Jawa Timur membutuhkan asupan makanan tambahan penunjang gizi, seperti buah dan susu, serta makanan Rendangmu yang merupakan produk Qurban Kemasan Lazismu.

Drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu Jatim segera menggerakkan potensi yang ada guna mengatasi hal diatas. Ketika ditemui di gedung Muhammadiyah Jawa Timur, Kertomenanggal Surabaya, (4/08/2021), ia mengatakan bahwa pengadaan buah, utamanya pisang dan susu segar harus segera dipenuhi dan didistribusikan kepada para Nakes.

Untuk pengadaan pisang jenis Cavendish Lazismu Jatim mendapat pasokan dari petani pisang Cavendish di Nganjuk dan untuk suplai susu segar diperoleh dari mitra peternak sapi perah yang ada di kota Batu. Sedangkan untuk Rendangmu dalam kaleng akan diambilkan dari stok kebencanaan dan kemanusiaan yang masih ada di gudang Lazismu.

Lazismu Jatim juga membuka open donasi guna menghimpun dana bantuan dari para donatur dan dermawan. Dana yang masuk akan diberikan kepada Nakes dalam bentuk pemberian makanan tambahan pisan Cavendish dan susu segar. Dibutuhkan 5.000 sisir pisang Chavendish dan 10.000 botol susu segar untuk para Nakes di RSM/RSA Jawa Timur jelas Zainul. Donatur dan dermawan bisa berperan serta dalam program ini.

“Program ini selain mendukung asupan gizi para Nakes di RS juga bisa menggerakkan ekonomi para petani pisang dan peternak susu sapi perah. Pesanan pisang dan susu bisa menggerakkan perputaran ekonomi para petani dan peternak yang dalam kondisi stagnan akibat banyak kebijakan pembatasan. Sehingga pada masa pandemi ini tidak terjadi kemandegan. Harus ada pergerakan walaupun kecil namun bisa memberikan efek yang bermanfaat bagi banyak pihak” ungkap Zainul.

Rekening donasi bagi para donatur yang tergerak hatinya membantu para Nakes pun telah disiapkan. Donatur yang ingin berdonasi bisa mentransfer ke rekening dan scan QR code dibawah ini. Semoga langkah kecil ini sedikit bisa membantu para Nakes untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup sehingga mereka mendapatkan kelancaran dalam melaksanakan tugasnya. (ad).

Rekening donasi Infaq Lazismu Jatim.

  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 005 557 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM INFAQ
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR

Scan QR Code (CIMB Niaga Syariah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*