Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Minggu , 3 Maret 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Lazismu Dukung Pendirian Poskor di Pronojiwo dan kota Lumajang untuk Pergerakan Relawan MDMC

Lazismu Dukung Pendirian Poskor di Pronojiwo dan kota Lumajang untuk Pergerakan Relawan MDMC

Merespon bencana erupsi gunung Semeru awal Desember 2021 lalu, Persyarikatan Muhammadiyah melalui LAZISMU, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Jawa Timur telah mendirikan Pos Koordinasi (Poskor) dan menerjunkan para Relawan.

Poskor dibagi dua, satu di sisi Lumajang dan satu di Malang Selatan. Untuk Poskor kota Lumajang ditempatkan di Gedung Dakwah Muhammadiyah kabupaten Lumajang. Sedangkan untuk Poskor Malang Selatan di Balai Penyuluhan Pertanian kecamatan Pronojiwo.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim mengatakan, bahawa seluruh Lazismu Daerah dan Kantor Layanan se-Jatim pun menghimpun dana dari masyarakat, umat Islam dan warga Muhammadiyah. Perolehan penghimpunan dana bencana tersebut akan dialokasikan pada kegiatan tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilaksanakan oleh para Relawan MDMC, MPKU dan Organisasi Otonom di bawah Persyarikatan Muhammadiyah.

“Lazismu mendukung aksi-aksi MDMC dalam masa tanggap darurat yaitu dengan menerjunkan relawan, mendirikan Poskor, membentuk posko, baik posko Medis, Logistik maupun Dapur Umum. Dananya disupport dari perolehan penghimpunan bencana alam seluruh kantor Daerah dan kantor Layanan Lazismu di Jawa Timur” kata Zainul Muslimin di sela-sela Rakernas Lazismu di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 10/12/21.

“Pada masa awal-awal ini kita menerjunkan Tim Relawan inti MDMC Jatim. Sudah kita salurkan dana sebesar Rp 136,6 juta untuk keperluan Poskor. Kemudian untuk masa 2 minggu ke depan MDMC mengundang partisipasi Relawan MDMC Daerah kabupaten dan kota se-Jatim. Tentunya harus Relawan itu harus mendaftar dan berkoordinasi dengan MDMC Jatim” tambah Zainul.

“Alhamdulillah, stok logistik sumbangan dari para dermawan dan donatur mengalir ke kedua Posko. Ini adalah kepercayaan yang tinggi dari masyarakat bagi Muhammadiyah. Tentunya amanah dan kepercayaan ini harus dijaga dengan baik” ungkap Zainul.

“Untuk Tim medis disupport oleh MPKU Jatim bersama jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Jawa Timur. RSM dan RSA telah menerjunkan dokter dan medis untuk posko layanan kesehatan dan pengobatan. Di Lumajang peran segenap unsur PDM dan Ortom juga luar biasa aktif-dinamis, terjun langsung mengasesmen warga dan mendata berapa jiwa yang terdampak erupsi gunung Semeru, yang selanjutnya akan diberikan paket bantuan sesuai dengan data itu” lanjut Zainul.

“InsyaAllah aksi-aksi Relawan MDMC selalu terarah, terukur, sistematis, efektif dan efisien, karena setiap dana yang dikeluarkan harus dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat dan donatur. Semoga kehadiran Persyarikatan Muhammadiyah beserta seluruh Majelis, Lembaga, AUM dan Ortom, dengan aksi kemanusiaannya pada momen bencana alam ini dapat memberikan salah satu solusi bagi permasalahan umat” pungkasnya. (Ad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*