Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » LAZISMU Jatim Bantu Kegiatan Wisuda Santri Madrasah Tahfidz al-Qur’an di Gaza Palestina

LAZISMU Jatim Bantu Kegiatan Wisuda Santri Madrasah Tahfidz al-Qur’an di Gaza Palestina

Pada hari Sabtu pagi tanggal 29 Oktober 2022 atau 3 Rabiul Akhir 1444 hijriyah di Madrasah Wakaf al-Qur’an di Distrik Khan Younis, jalur Gaza, Palestina, dilaksanakan kegiatan Wisuda Santri Tahfidzul Qur’an. Telah ribuan penghapal al-Qur’an dihasilkan oleh Yayasan Wakaf Khan Younis tersebut.

Madrasah tersebut di bawah pimpinan Dr Mohammed Saleh al-Ghalban dan salah satu pembinanya adalah Syekh Ahmad Saleem Sulaiman Abu Anza. Syekh Ahmad Saleem adalah mitra LAZISMU wilayah Jatim dalam beberapa kegiatan Safari Dakwah Ramadhan di Jawa Timur. Syekh Saleem juga menjadi duta Palestina untuk berdakwah dan mengumpulkan donasi bagi mendukung perjuangan rakyat Palestina khususnya dalam jalur pendidikan.

Sebagai bentuk apresiasi, dukungan dan komitmen atas perjuangan rakyat Palestina, LAZISMU Jawa Timur memberikan bantuan guna mendukung kegiatan pada Madrasah itu. Setelah melalui prosedur internal, kemudian uang sebesar USD 1.330 atau sekitar Rp 20 juta yang berasal dari dana Kemanusiaan LAZISMU Jatim itu dikirimkan melalui layanan pos internasional kilat.

Drh Zainul Muslimin, Ketua LAZISMU Jatim menyatakan bahwa dana tersebut dikirimkan guna mendukung kelancaran kegiatan wisuda pada Madrasah Wakaf al-Qur’an tersebut. Menurutnya sudah menjadi kewajiban dan komitmen LAZISMU mendukung perjuangan rakyat Palestina termasuk dalam upaya mencetak sebanyak mungkin generasi penghapal al-Qur’an. LAZISMU sangat konsen dalam mendukung aksi kemanusiaan, tidak hanya di dalam negara melainkan juga luar negara atau internasional.

Dana bantuan LAZISMU Jatim tersebut oleh pihak Madrasah dirupakan dalam bentuk bingkisan (hadiah) dan makan siang bagi 700 orang undangan wisuda, termasuk 150 santri dan santriwati penghapal Quran yang diwisuda pada hari itu.

Dr. Mohammed Saleh Al-Ghalban selaku pimpinan Madrasah Wakaf Al-Qur’an menyambut baik bantuan yang diberikan oleh Lazismu Wilayah Jawa Timur. Ia pun mengucapkan terima kasih dan mendoakan agar Lazismu menjadi yang terdepan dalam membantu umat.

“Pelaksanaan wisuda hafidz dan hafidzah pada hari ini yang dihadiri para orang tua mereka di Palestina bisa berjalan dengan lancar. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Lazismu Jawa Timur sehingga acara ini terlaksana dengan lancar. Kami doakan mudah-mudahan Allah SWT memberikan kepada Lazismu Jawa Timur keberkahan, kelimpahan rahmat, dan mudah-mudahan senantiasa menjadi yang terdepan dalam membantu atau menyalurkan donasinya,” ucap Dr. Mohammed Saleh Al-Ghalban.

Senada dengan itu, Syekh Ahmad Saleem Sulaiman Abu Anza yang merupakan salah satu pembina madrasah tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada Lazismu di Indonesia, khususnya kepada Lazismu Wilayah Jawa Timur yang telah memberikan bantuan berupa dana yang kemudian diwujudkan dalam bentuk jamuan makan kepada para santri penghafal Al-Qur’an.

“Terima kasih kepada Lazismu di Indonesia, khususnya kepada Lazismu Jawa Timur yang sudah memberikan makanan untuk para hafidz dan hafidzah. Mudah-mudahan ini menjadi keberkahan dan mendapatkan balasan untuk para donatur Lazismu di Jawa Timur,” ujarnya.

LAZISMU wilayah Jawa Timur pada tahun 2022 ini telah menyalurkan hasil donasi Palestina yang dihimpun pada bulan Ramadhan 1440 H lalu. Diantaranya disumbangkan melalui Yayasan DQWS di Jalur Gaza pimpinan Syekh Belal untuk pembinaan Santri Tahfidzul Qur’an. Kemudian bantuan hewan domba untuk Qurban kepada komunitas masyarakat binaan Syekh Ahmad Saleem di Distrik Khan Younis. Lalu di bulan Oktober 2022 ini melalui Yayasan Wakaf Madrasah al-Qur’an pimpinan Dr. Mohammed Saleh Al-Ghalban, yang juga berada di Distrik Khan Younis, Jalur Gaza. Semoga sumbangan dan donasi dari para Dermawan, Muzaki dan Donatur semakin berkah dan bermanfaat. (Adt).

Simak videonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*