Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » LAZISMU Jatim Siapkan Gedung Kemanusiaan Untuk Penanggulangan Kebencanaan se-Indonesia Timur

LAZISMU Jatim Siapkan Gedung Kemanusiaan Untuk Penanggulangan Kebencanaan se-Indonesia Timur

Peran LAZIS Muhammadiyah (LAZISMU) untuk selalu hadir pada setiap peristiwa kebencanaan dan kemanusiaan di tanah air semakin menunjukkan kiprahnya. Tak bisa dipungkiri bahwa negeri di Nusantara ini dikenal sebagai ring of fire atau kawasan rawan bencana. Berbagai bencana senantiasa terjadi apakah itu banjir, tanah longsor, angin ribut, gunung meletus (erupsi), gempa bumi hingga air laut bah atau Tsunami.

LAZISMU wilayah Jawa Timur merasa terpanggil untuk ikut ambil bagian dalam setiap gerak langkah penanggulangan bencana di tanah air. Bersinergi dengan Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah atau MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center), LAZISMU Jatim berkomitmen memberikan bantuan terbaik dalam menanggulangi permasalahan kebencanaan.

Untuk itu LAZISMU Jatim selalu menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung guna kesiapsiagaan bencana. Selama ini berbagai peralatan dan perlengkapan telah disediakan seperti, kendaraan (mobil, motor dan perahu), tenda dan perlengkapan lainnya untuk bisa digunakan LPB Muhammadiyah atau MDMC beroperasi di medan bencana.

Kini sarana gedung juga telah disiapkan guna menunjang operasional aksi kemanusiaan dan kebencanaan. Gedung Kemanusiaan LAZISMU Jatim akan menjadi sentral bagi kegiatan penanggulangan bencana, mulai dari penghimpunan donasi, pusat data, pusat logistik, koordinasi pergerakan relawan dan pusat kendali operasi.

Gedung milik Persyarikatan Muhammadiyah senilai Rp 3,5 Milyar ini berlokasi di Jalan Jawa No 5 (Depan Polsek) Buduran, Sidoarjo, menempati sebuah bangunan di atas tanah seluas 180 meter persegi. Bekas Restoran ini dibeli dengan dana kemanusiaan LAZISMU Jatim.

Ruangan di gedung berlantai dua selain untuk kantor dan ruang meeting juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan barang-barang logistik kebencanaan dan perlengkapan yang sewaktu-waktu siap didistribusikan ke lokasi bencana.

Soft launching Gedung Kemanusiaan ini telah dilaksanakan pada hari ahad 26 Maret 2022 lalu. Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Ir Tamhid Mashyudi dan seluruh Badan Pengurus LAZISMU Jatim beserta staf dan juga tamu undangan. Sedangkan Grand Launching akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2022.

Selain digunakan untuk urusan kemanusiaan dan kebencanaan, gedung ini sehari-hari dipakai untuk konter pembayaran ZIS dan kantor operasional LAZISMU Jatim. Di gedung ini Muzaki, Donatur dan Dermawan bisa melakukan pembayaran donasi atau menunaikan Zakat, Infaq dan Shadaqahnya melalui LAZISMU Jawa Timur yang merupakan perwakilan LAZISMU (Pusat) sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Semoga semakin bermanfaat. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*