Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » News » Mari BerQurban untuk Kawasan yang Dilanda Krisis dan Rawan Konflik di Negeri Dua Sungai Nil Afrika

Mari BerQurban untuk Kawasan yang Dilanda Krisis dan Rawan Konflik di Negeri Dua Sungai Nil Afrika

Sudan adalah sebuah negeri di Afrika tengah yang berpenduduk 40 juta jiwa, dengan dua sungai Nil yang mengalir di tanah nan tandus dan gersang. Kedua sungai Nil, yaitu Nil Biru dan Nil Putih menyatu di kota Khartoum, ibukota negara itu. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia mengalir dari bagian tengah Afrika ke utara (Mesir).

Sudan merupakan negara ketiga terluas di Afrika, serta terluas keenam belas di dunia. Negara ini berbatasan dengan Mesir di utara, Laut Merah di timur laut, Eritrea di timur, Ethiopia di tenggara, Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, Libya di barat laut, dan Sudan Selatan di selatan.

Negara Sudan saat ini tengah dilanda konflik politik dan krisis sosial-ekonomi yang ditandai dengan jatuhnya mata uang pound Sudani atas Dollar Amerika. Selain pasca lepasnya wilayah Sudan Selatan dan terjadinya kudeta militer, negara ini masih pula tercabik-cabik dalam konflik antar suku dan pemberontakan bersenjata di pedalaman.

Hal ini membuat rakyat Sudan menderita. Belasan juta rakyat Sudan bergulat hidup dalam kemiskinan. Harga-harga barang melambung tinggi, mata uang jatuh, inflasi meroket, krisis ekonomi, sedangkan kondisi sosial politik diliputi konflik yang tak berkesudahan. Banyak yang kekurangan gizi dan nutrisi.

Indonesia adalah negara yang terbuka dan aktif dalam pergaulan antar bangsa dan turut serta dalam berbagai proses perdamaian dunia. Tentu kehadiran Indonesia terutama umat Islam di dunia internasional sangat dinanti-nantikan. Keikutsertaan dalam perdamaian antar bangsa tidak hanya ditunjukkan oleh kehadiran negara, tetapi juga partisipasi rakyat dan bangsa Indonesia yang juga memliki kepekaan dan kepedulian terhadap bangsa lain. Apalagi umat Islam Indonesia populasinya terbesar di dunia.

Momen Qurban adalah saat yang tepat untuk menunjukkan rasa kepedulian terhadap bangsa lain yang hidup sengsara. Melalui Idul Adha daging Qurban diharapkan dapat terdistribusikan kepada sesama yang membutuhkan dan tidak menumpuk di satu wilayah, daerah atau kawasan. Demikian pula idealnya daging Qurban tidak menumpuk di satu negara, sedangkan negara dan bangsa lain juga membutuhkan. Oleh karena itu keikhlasan, kepedulian dan rasa solidaritas sangat dibutuhkan.

Berqurban untuk warga internasional, terutama di negara yang tengah dilanda konflik dagingnya sangat dibutuhkan oleh warga disana. Berqurban seperti itu dirasa tepat sasaran, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat miskin dan dhuafa di negara-negara tersebut. Hal itu sebagai perwujudan bahwa umat Islam Indonesia memiliki solidaritas dan empati terhadap bangsa lain yang sedang membutuhkan uluran tangan.

LAZISMU Jawa Timur memilih negara di Afrika yaitu Sudan sebagai sasaran Qurban Internasional dikarenakan di negara ini sedang dilanda konflik dan krisis sosial ekonomi berkepanjangan. Pemerataan penyebaran daging Qurban ke kawasan konflik di luar negara tentu akan menaikkan marwah umat Islam dan bangsa Indonesia di tengah kancah pergaulan antar bangsa.

Selain itu berqurban di kawasan itu sangat menunjang Syiar Dakwah Islam, karena pemotongan hewan ternak Qurban dilaksanakan di lokasi masyarakat setempat. Tentu saja menghidupkan ekonomi para peternak Muslim lokal, karena hewan Qurban dibeli disana.

Sasaran program Qurban Internasional LAZISMU Jatim tahun 1443 H / 2022 M di Sudan kali ini diarahkan ke kota Khartoum dan kawasan pedalaman negara di benua Afrika itu.

Alhamdulillah, jaringan LAZISMU tersebar secara Internasional termasuk di negara Sudan. Di ibukota Khartoum, Sudan terdapat Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) dan KLI LAZISMU Sudan yang akan membantu pelaksanaan kegiatan Qurban ini. Para Mahasiswa Indonesia di negara ini siap pula mendukung dengan terjun langsung menangani hewan qurban dan mendistribusikannya kepada masyarakat lokal yang membutuhkan.

Oleh sebab itu mari kita manjadi bagian dari masyarakat dunia dengan berQurban Internasional bersama LAZISMU Jatim.

BAGAIMANA CARA BERQURBAN UNTUK SUDAN AFRIKA MELALUI LAZISMU ?

  • Pequrban menghubungi Call Center kami : 0851-6170-2078.

Pequrban lalu mentransfer dana sebesar USD 300 atau Rp 4.400.000,- per ekor kambing ke rekening LAZISMU Qurban :

  • Bank Muamalat No 7710 016 474 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (QURBAN)
  • BSI No. 9000 009 889 a/n QURBAN LAZISMU JATIM
  • Bank CIMB Niaga Syariah No. 8611 7771 1900 a/n LAZISMU JAWA TIMUR

Pequrban melakukan konfirmasi transfer melalui japri WA ke 0823-3115-2141 (Vira).

  • Pequrban akan mendapatkan laporan melalui WA.
  • Pequrban juga mendapatkan bingkisan berupa hasil produksi Rendangmu dalam kemasan kaleng, 2-3 bulan setelah penyembelihan hewan Qurban, beserta dengan Sertifikat Pequrban.
Selamat Berqurban Internasional bersama LAZISMU..

Berqurban untuk Internasional ? Mengapa Tidak ? Umat Islam Indonesia Sangat Peduli dan Welas Asih

Info Qurban Lazismu 1443 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*