Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » LAZISMU Jatim Siap Food Truck untuk Berbagai Aksi Dakwah Sosial dan Kemanusiaan

LAZISMU Jatim Siap Food Truck untuk Berbagai Aksi Dakwah Sosial dan Kemanusiaan

Aksi-aksi kemanusiaan Muhammadiyah terutama pada saat tanggap darurat di medan bencana membutuhkan peralatan dan perlengkapan transportasi dan akomodasi yang taktis dan praktis. Terutama untuk kegiatan Dapur Umum dan bantuan Logistik. Oleh karena itu LAZISMU Jawa Timur menyiapkan sebuah kendaraan truk yang disulap menjadi Food Trcuk untuk melayani kebutuhan makan pada saat terjadi bencana.

Menurut Achmad Saifu, Anggota BP LAZISMU Jatim bidang Kebencanaan dan Kemanusiaan ketika ditemui di Gedung Muhammadiyah Jatim, (24/6/22), Food Truck ini diberi nama “Kendara Saji Makanan”. Yaitu sebuah kendaraan yang ditujukan guna membawa, mempersiapkan, mengolah dan menyediakan makanan dan minuman siap saji bagi warga yang terkena bencana. Truck jenis Colt Diesel Dyna ini didesain berupa Box besar sebagai Dapur Umum.

Di Dapur Umum berbentuk truk box ini para Relawan bisa memasak dan mengolah bahan makanan menjadi hidangan siap santap untuk mereka yang membutuhkan. Truck box ini membawa peralatan dan perlengkapan memasak, seperti kompor gas, genset, dispenser, alat masak, piring, sendok, dan sebagainya, termasuk logistik bahan makanan, jelas Achmad yang biasa dipanggil Mamak.

Truk Kendara Saji Makanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk aksi-aksi Sosial dan Dakwah, Achmad Saifu menambahkan. Kendaraan ini bisa dibawa kemana saja untuk berbagai tujuan kebaikan.

“Selain untuk aksi kemanusiaan pada saat tanggap darurat bencana Truk Kendara Saji Makanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk aksi-aksi Sosial dan Dakwah, seperti baksos ke kampung kumuh dan miskin guna memberikan makanan dan minuman bagi yang membutahkan. Juga berbagai aksi dakwah misalnya hadir pada pengajian Masjid, outbound dan kegiatan syiar lainnya” tambah Achmad Saifu.

“Alhamdulillah pada momen Jambore Ambulan Muhammadiyah I di Ngawi tanggal 18-19 Juni 2022 lalu, Kendara Saji Makanan atau Food Truck ini hadir untuk menyediakan hidangan siap santap bagi peserta Jambore. Peserta sangat merasa gembira dan surprise karena kendaraan ini bisa menyediakan makanan dan minuman dalam tempo yang tidak terlalu lama” ujar Mamak.

“Ke depan Food Truck ini akan kita coba lengkapi dengan panel pembangkit tenaga Surya sehingga bisa menyediakan listrik untuk penerangan yang ramah lingkungan walaupun dengan daya yang tidak begitu besar. Demikian pula dengan akses internet berupa WIFI akan diupayakan tersedia di mobil ini” pungkas Mamak berencana. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*