Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 17 Januari 2022
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Muhammadiyah Siapkan 200 Hunian yang Aman dan Nyaman Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Muhammadiyah Siapkan 200 Hunian yang Aman dan Nyaman Bagi Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Persyarikatan Muhammadiyah melalui MDMC dan Lazismu berkomitmen akan terus bersama dan mendampingi warga terdampak Erupsi Gunung Semeru hingga kapan pun. Tidak hanya pada masa tanggap darurat dan pemulihan bencana saja, namun hingga pasca bencana atau rehabilitasi dan rekonstruksi.

Untuk itu Muhammadiyah sudah menyiapkan sebanyak 200 unit Hunian yang akan dibangun di beberapa titik lokasi terdampak di Kabupaten Lumajang. Bantuan Huntap itu merupakan partisipasi dan sumbangsih donasi masyarakat dan warga Muhammadiyah yang dihimpun melalui Lazismu.

Menurut M Rofii, MT, Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jawa Timur 200 unit Huntap bantuan Muhammadiyah itu akan mulai dibangun sekitar pertengahan Januari 2022.

“Saat ini kita sedang masuk dalam masa transisi dari tanggap darurat ke masa pemulihan selama 3 bulan. Selama masa pemulihan itu kita, MDMC, Lazismu dan MPKU akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya layanan kesehatan, layanan psikososial, bantuan logistik, pembangunan hunian serta pendidikan. Selain itu kita juga akan melakukan berbagai pendampingan kepada warga terdampak yang terdapat di beberapa titik lokasi pengungsian” kata Rofii ketika pres Realise di Gedung Muhammadiyah Jatim di kawasan Kertomenanggal Surabaya, 24/12/21.

“Untuk masa rehabilitasi Muhammadiyah berencana akan membangun Hunian dengan lahan dari Pemerintah yang kabarnya sekitar 75 hingga 80 hektar untuk merelokasi warga yang rumahnya terdampak aliran lahar gunung Semeru. MDMC bersama Lazismu lah yang akan membangun Huntap itu. Dananya berasal dari donasi yang dihimpun Lazismu” jelas Rofii.

“Kita terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang yang akan menyediakan lahan relokasi bagi warga terdampak. Di atas tanah relokasi itulah Hunian bantuan dari Pemerintah dan berbagai organisasi masyarakat Serta lembaga donor akan dibangun. Termasuk 200 unit Huntap yang akan dibangun oleh Muhammadiyah” tambahnya.

“Kami bersinergi dengan Lazismu yang akan menyediakan anggaran pendanaan bagi pembangunan Huntap itu. Sedangkan model, spek dan bentuk bangunan kita juga berkoordinasi dengan Pemerintah. Diupayakan bentuk bangunan Huntap akan sama antara satu dengan yang lainnya sehingga tidak ada kecemburuan. Selain Huntap, Muhammadiyah juga akan berupaya memberikan bantuan isi rumah sekalian” ungkap Rofii.

“Tidak hanya itu kebutuhan fasilitas umum seperti Musholla, tempat olah raga dan tempat pendidikan seperti TK pun akan kita upayakan. Semoga bantuan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi warga masyarakat yang terdampak erupsi gunung Semeru di berbagai desa pada beberapa Kecamatan, di Kabupaten Lumajang. Dan kami pun, MDMC dan Lazismu bisa menyalurkan amanah dari para donatur dan dermawan yang telah memberikan donasi dan sumbangan bagi penanganan bencana ini” pungkas Rofii.

Untuk informasi selengkapnya, silakan simak videonya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*