Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Mengajak Anak-anak Keluarga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Untuk Bergembira Ria Dalam Layanan Psikososial di Pronojiwo

Mengajak Anak-anak Keluarga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Untuk Bergembira Ria Dalam Layanan Psikososial di Pronojiwo

Kegiatan Psikososial berarti melaksanakan aktifitas yang memberikan pengaruh faktor sosial terhadap pikiran ataupun tingkah laku individu, juga keterkaitan antara pikiran dengan masyarakat pada perkembangan kehidupan manusia. Pada masa terjadinya bencana alam tentu akan membawa faktor psikologis bagi para korban atau warga yang terdampak.

Untuk itu diperlukan langkah-langkah penanganan agar warga terdampak bencana alam tidak larut dalam kenestapaan, kesedihan dan kepedihan mendalam akibat kerugian dan musibah yang menimpanya. Harapannya semoga mereka bisa bangkit kembali menata kehidupannya.

Merespon hal itu, Poskor Muhammadiyah, yang terdiri dari relawan Lazismu dan MDMC di Pronojiwo bersama para Mahasiswa Psikologi UMM, mengadakan kegiatan layanan Psikososial Muhammadiyah, sabtu, 25/12/21. Kegiatan berlangsung di salah satu halaman rumah warga yang dijadikan posyan guna membantu warga terdampak Erupsi Gunung Semeru di dusun Kalilengkong, desa Oro-oro Ombo, kecamatan Pronojiwo, kabupaten Lumajang.

Kegiatan Psikososial yang berlangsung pada hari sabtu siang itu diwujudkan dalam bentuk mengajak sekitar 40 anak usia TK-SD dari keluarga yang terdampak bencana Semeru untuk bergembira ria, menyanyi, bersorak, memainkan permainan (game) ringan dan aneka aktifitas sukaria lainnya. Para mahasiswa dan mahasiswi UMM yang memandu acara tersebut mengajak anak-anak untuk sejenak melupakan segala beban pikiran selama menjadi pengungsi dan tidak larut terhadap musibah bencana yang menimpa mereka.

Menurut Indra Ferry, koordinator Poskor Muhammadiyah di Pronojiwo, mengatakan bahwa layanan Psikososial ini diadakan secara berpindah-pindah dari satu posyan ke posyan lain untuk meningkatkan mental dan psikologi warga terdampak bencana alam.

“Salah satu bentuk layanan Poskor Muhammadiyah adalah Layanan Psikososial. Layanan ini melengkapi berbagai layanan kepada warga terdampak yang sudah ada seperti layanan Dapur Umum, Bantuan Logistik, Layanan Medis/Kesehatan dan Layanan Evakuasi” kata Indra Ferry, koordinator Poskor Muhammadiyah Pronojiwo ketika di lokasi kegiatan Psikososial di dusun Kalilengkong.

“Kita utamakan anak-anak lebih dahulu untuk kita ajak bergembira ria, agar mereka cerah ceria kembali dan sejenak dapat melupakan kejadian musibah bencana alam yang mereka alami. Layanan ini tidak hanya disini saja melainkan juga berpindah-pindah di posyan pengungsi lainnya yang merupakan dusun atau desa binaan MDMC” jelas Indra.

“Semoga dengan adanya kegiatan layanan psikososial ini dapat sedikit membantu meringankan beban para keluarga dan warga terdampak erupsi Gunung Semeru, terutama anak-anak” pungkas dosen muda jurusan Perikanan UMM yang juga sebagai Relawan Senior MDMC ini. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*