Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 5 Maret 2024
Breaking News
You are here: Home » Bencana & Kemanusiaan » Partisipasi dan Solidaritas Relawan Muhammadiyah Ponorogo Bagi Penyintas Erupsi Gunung Semeru di Lumajang untuk Bangkit Kembali

Partisipasi dan Solidaritas Relawan Muhammadiyah Ponorogo Bagi Penyintas Erupsi Gunung Semeru di Lumajang untuk Bangkit Kembali

Sabtu 8 Januari 2022 , Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo, beserta organisasi Otonomo A’isyiyah, MDMC dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) kabupaten Ponorogo mengunjungi tempat pengungsian di Penanggal, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan Tim Relawan Muhammadiyah Ponorogo ke Lumajang, merupakan kali ketiga dari serangkaian agenda, yaitu pengiriman relawan, distribusi logistik, pengiriman motor trail dan terakhir mobil logistik Muhammadiyah yang akan digunakan untuk keperluan penunjang dapur umum di pengungsian Lumajang.

Agenda pertama menuju ke Gedung Dakwah Muhammadiyah Lumajang untuk silaturahmi sekaligus koordinasi perihal penanganan kebencanaan dari dampak erupsi Gunung Semeru. Selanjutnya Tim Relawan menuju ke Sekolah Darurat yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak anak pengungsi, disana tim dari Ibu – Ibu ‘Aisyiyah juga melakukan pendekatan kepada anak didik agar selalu semangat dan terus berprestasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Posko Dapur Umum yang didirikan Muhammadiyah Lumajang, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di lokasi pengungsian. Beberapa relawan Muhammadiyah juga ditempatkan di dapur umum, untuk membantu masak dan distribusi.

“Dapur umum MDMC LAZISMU ini setiap hari membuat makanan untuk pengungsi sebanyak 700 Porsi dan dibagikan kepada pengungsi yang berada di area tersebut. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada PDM Ponorogo dan yang tergabung dalam Tim Relawan Muhammadiyah Ponorogo, yang ikut berpartisipasi sejak awal dalam penanggulangan dampak erupsi gunung semeru ini. Kami terus melakukan pendampingan melalui Dapur Umum, Psikososial, Layanan Kesehatan, Layanan pendidikan dan lain-lain” kata Radheteryan Firdiansyah selaku Wakil Ketua Pos Kordinator Pembantu Lumajang.

Sementara itu Tooricg Agfa Putra Wicaksono selaku perwakilan dari Lazismu Ponorogo juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengirimkan beberapa tenaga relawan.

“Agenda ini merupakan tahap ketiga dari pengiriman Relawan Muhammadiyah Ponorogo, per kemarin kami sudah mengirimkan 6 orang relawan ke Desa Condro, Pasirian, Lumajang beserta kendaraan mobil logistik lengkap dengan peralatan penunjang dan kitchen set-nya yang akan digunakan di dapur umum. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada donatur dan seluruh pihak terlibat yang telah ikut serta dalam aksi kemanusiaan peduli Erupsi Gunung Semeru.” ungkap Tooricg Agfa Putra Wicaksono.

Partisipasi dan solidaritas relawan Muhammadiyah kabupaten Ponorogo di Lumajang ini juga senantiasa berkoordinasi dengan MDMC wilayah Jatim, karena otoritas pengerahan Relawan di arena kebencanaan merupakan wewenang MDMC. (Rahmat Fandi Yusup – Media Lazismu Ponorogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*