Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Sabtu , 24 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » Inspirasi » Muhammad Sabeth Abilawa : “Modal Sosial Penting Bagi Keberlangsungan BankZiska Lazismu”

Muhammad Sabeth Abilawa : “Modal Sosial Penting Bagi Keberlangsungan BankZiska Lazismu”

Social Capital (modal sosial) sudah menjadi daya tarik kajian dalam ilmu bisnis terutama yg melibatkan komunal. Modal sosial menjadi salah satu faktor kunci suksesnya menjalankan bisnis selain Modal Keuangan (financial capital), Modal Sumber daya manusia (Human Capital).

Apa itu modal sosial? wujud mudahnya bisa dilihat dari dua faktor. Bonding (ikatan) sesama komunitas nya. Guyub, rukun, punya persamaan tata nilai, se ideologi dll. bisnis yg dijalankan di komunitas yang punya bonding yang tinggi cenderung lebih berhasil dijalankan dibandingkan masyarakatnya yang punya bonding yang lemah, penuh konflik, tidak ada trust sesama warga dan lain-lain.

Itulah kenapa di daerah daerah yang modal sosialnya tinggi kredit macetnya rendah. Bali, daerah daerah pedesaan jawa dibandingkan kawasan metropolis yang berisi populasi dari beragam budaya dan suku yang belum terbangun modal sosialnya. Itulah juga yang menjadi jawaban kenapa bisnis bisa maju di Filipina utara dibandingkan Filipina selatan yang penuh konflik. Kenapa Italia Bagian Utara jauh lebih maju dan punya klub-klub sepak bola bagus dibanding Italia Bagian Selatan yang rusak modal sosialnya oleh ulah para mafioso di masa lalu.

Yang kedua adalah Bridging (menjembatani). Menjembatani apa? menjembatani ke dunia luar. Bonding yang kuat saja tidak cukup masih dibutuhkan sebuah kemampuan untuk membuka komunikasi dengan pihak luar. bersosialisasi dengan dunia di luar komunitasnya.

Ini yang jadi jawaban kenapa suku Baduy di Banten dan suku Anak Dalam di Jambi yang notabene punya modal sosial yang sangat tinggi tapi karena mereka menutup diri dari dunia luar, tidak terjadi bridging. Ya tentu saja tidak ada kemajuan dan tidak menjadi modal sosial bagi mereka. mereka menjadi masyarakat yg punya trust diantara mereka tapi tidak ada jembatan keluar utk menjadi prasayarat modal sosial.

Semoga Kehadiran Bankziska mampu menumbuhkan dan menguatkan Modal Sosial kembali di masyarakat Kita.

Selamat Ulang Tahun yang Pertama. Tabik.

Dirut Lazismu Pusat, Muhammad Sabeth Abilawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*