Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Ekonomi » BankZiska Bisa Menjadi Salah Satu Keunggulan Lazismu dalam berinovasi Sosial Guna Pencapaian SDGs

BankZiska Bisa Menjadi Salah Satu Keunggulan Lazismu dalam berinovasi Sosial Guna Pencapaian SDGs

BankZiska adalah program tasharuf LAZISMU Jawa Timur dalam rangka pemberdayaan usaha mikro melalui sistem al-Qardul Hasan, guna mencegah masyarakat dari jeratan Rentenir. BankZiska singkatan dari BANtuan Keuangan dari dana Zakat Infaq-shodaqoh dan dana Sosial KeAgamaan lainnya. Guna mensosialisasikan keberadaan BankZiska sehingga menjadi program unggulan Lazismu se-Jatim maka diadakan kegiatan Pelatihan bagi calon Pengelola BankZiska.

Pelatihan Pengelola BankZiska yang diselenggarakan pada 25-26 September 2021 di Hotel Unida Gontor Ponorogo mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Pelatihan ini diikuti 53 orang dari internal Lazismu Daerah-KLL se-Jatim dan Wilayah serta Daerah lain di luar Jawa Timur.

Pada sesi Pembukaan Pelatihan, selain dihadiri oleh Syafrudin Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo juga Dr Muhammad Sabeth Abilawa, Dirut Lazismu Pusat, dan Dr Muhammad Nafik dari Ekonomi Syariah UNAIR Surabaya.

Drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim mengatakan dalam sambutannya bahwa Lazismu harus menunjukkan aksi-aksi yang menarik perhatian dengan lebih banyak memberi kebermanfaatan kepada sesama. Salah satunya dengan memasifkan BankZiska menjadi gerakan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbeda dengan lainnya.

“Agar aksi-aksi yang kita, Lazismu, lakukan ini menarik bahkan mencuri perhatian orang, maka harus berbeda dengan yang lain dan tidak biasa. Namun juga tidak sekedar beda namun harus unggul. Nah BankZiska ini menjadi salah satu keunggulan program pembedayaan Lazismu yang bisa memberikan dampak nyata yang terukur kepada masyarakat luas. Kebermanfaatannya optimal dan efektif dengan alokasi dana yang efisien” katanya.

Sementara itu Dr Muhammad Nafik HR, SE, MSi, pakar dari UNAIR Surabaya menyatakan bahwa kehadiran BankZiska ini memberikan warna terhadap pengembangan ekonomi syariah. Menurutnya masyarakat tanpa riba harus terus diedukasi kepada semua pihak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*