Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 21 Februari 2024
Breaking News
You are here: Home » News » Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Guru Terdampak Pandemi, Lazismu Jatim Bantu SPIEM di Kota Pasuruan

Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Guru Terdampak Pandemi, Lazismu Jatim Bantu SPIEM di Kota Pasuruan

Pandemi yang berkepanjangan sangat berdampak khususnya pada sektor kehidupan sosial ekonomi masyarakat, tak terkecuali sektor pendidikan. Akibat kebijakan pelarangan, pengetatan dan pembatasan, sektor pendidikan mengalami dampak buruk yang luar biasa. Banyak kepala sekolah yang harus mengkoreksi anggaran penerimaan dan biaya operasional pendidikan di institusi sekolahnya. Tentunya tingkat kesejahteraan para guru dan tenaga pengajar di sekolah menjadi menurun sehingga berdampak pada pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Salah satu institusi pendidikan yang berdampak serius adalah SPIEM, salah satu Boarding School atau sekolah berasrama jenjang SMP-SMA di kota Pasuruan. SPIEM yang sebelum pandemi memiliki hampir ribuan santri, kini menurun drastis. Menjadi beban berat bagi penyelenggara karena dampak itu tidak hanya pada anggaran SDM sekolah tetapi juga menurunnya semangat mengajar dan jatuhnya daya peningkatan kualitas diri di kalangan insan pendidiknya.

Oleh sebab itu SPIEM membutuhkan dukungan untuk meningkatkan kembali semangat dan kapasitas para insan pendidik atau guru agar dapat kembali seperti sedia kala. Maka setelah melalui berbagai konsultasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) memberikan bantuan kepada SPIEM yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas SDM para guru di sekolah berasrama itu. SPIEM sendiri kini dalam pantauan dan pendampingan oleh PWM Jatim. Dana bantuan itu dialokasikan dari dana zakat Lazismu.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilaksanakan di gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pasuruan, senin 22 November 2021, oleh Sekretaris PWM Jatim Ir Tamhid Mashyudi kepada Ketua PDM kota Pasuruan Abu Nashir. Penyerahan disaksikan oleh drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur dan M Yasin, salah satu anggota PDM kota Pasuruan, dan Mudhir serta beberapa guru SPIEM.

Menurut drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, bantuan itu selain dirupakan untuk insentif guru dan pengajar juga lebih diprioritaskan untuk berbagai pelatihan dan pengembangan SDM guru yang ada di SPIEM kota Pasuruan.

“Kami berharap agar segenap civitas akademika, khususnya guru-guru di SPIEM kembali meningkatkan kapasitas dan kualitas diri dalam rangka transformasi ilmu kepada para santri. Pandemi ini memang memberikan dampak yang luar biasa besar pada sektor pendidikan. Namun yakinlah bahwa dengan semangat juang yang tinggi dan ghirah jihad yang kukuh di jalur pendidikan, maka tujuan sebagai lembaga pendidikan berkemajuan itu akan tercapai.” kata Zainul. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*