Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » News » Mahasiswa Penerima Beasiswa SangSuryaPlus mendapat Up-Grading Guna Pengembangan Potensi Diri

Mahasiswa Penerima Beasiswa SangSuryaPlus mendapat Up-Grading Guna Pengembangan Potensi Diri

Pada akhir tahun 2021 ini Lazismu wilayah Jatim menghadirkan program Beasiswa untuk putra-putri dari keluarga kurang mampu yang sedang menyelesaikan jenjang pendidikan Perguruan Tinggi. Nama programnya Beasiswa SangSurya, namun kali ini dimodifikasi menjadi SangSurya Plus. Dikatakan plus karena mahasiswa penerima beasiswa tidak hanya menerima dana pendidikan namun juga dibina dan dibimbing agar bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat dan kampusnya.

Oleh karena itu guna memberikan bimbingan karir dan pembinaan potensi maka dilaksanakan kegiatan SangSuryaPlus Schoolarship Up-Grading yang pertama di gedung Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Sabtu 4 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang mahasiswa-mahasiswi penerima Beasiswa SangSurya. Up-Grading ini dipandu oleh Ferry Yudhi Antonis, instruktur dan motivator dari Pemuda Muhammadiyah Jatim.

Kegiatan Up-Grading ini berlangsung pada Sabtu pagi, dibuka oleh Muhammad Masrukh, Wakil Sekretaris Lazismu Jatim. Setelah sambutan pembukaan, acara kemudian diisi dengan tausiyah agama oleh ustadz Afifun Nidhom dari Majelis Tabligh PWM Jatim.

“Upgrading ini untuk mempersiapkan mental dan jiwa generasi muda khususnya penerima Beasiswa agar siap, kuat dan kokoh menghadapi perubahan zaman yang serba cepat” kata Muhammad Masrukh dalam sambutannya.

“Ini adalah saat bagi kalian untuk mengembangkan potensi diri agar menjadi mahasiswa yang tidak hanya melaksanakan tugas studi namun juga peduli dan mengabdi terhadap kehidupan masyarakat, khususnya di tempat kalian berada” lanjut Masrukh.

“Melalui Lazismu kalian tidak hanya dibantu bea studi melainkan juga pengembangan potensi diri. Kalian harus mampu menempa diri agar sukses menggapai masa depan kalian dengan tidak hanya memikirkan diri sendiri melainkan juga mengembangkan segenap potensi agar berguna dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat” pesan Masrukh.

Dalam Up-Gradingnya kepada para mahasiswa penerima beasiswa SangSuryaPlus ustadz Ferry Yudhi memberikan motivasi bahwa generasi muda masa kini harus siap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Revolusi Industri 4.0 juga dikenal dengan istilah “Cyber Physical System”. Konsep penerapannya berpusat pada otomatisasi dan digitalisasi.

“Firman Allah, Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Nah sebagai generasi muda kita harus siap menghadapi tantangan masa kini dan masa depan sehubungan dengan hadirnya Revolusi Industri 4.0” kata Ferry Yudhi ketika memberikan motivasi.

“Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Kini dengan dibantu teknologi informasi dalam proses pengaplikasiannya, keterlibatan tenaga manusia dalam prosesnya dapat berkurang. Dengan demikian, efektivitas dan efisiensi pada suatu lingkungan kerja dengan sendirinya bertambah. Dalam dunia industri, hal ini berdampak signifikan pada kualitas kerja dan biaya produksi. Namun sesungguhnya, tidak hanya industri, seluruh lapisan masyarakat juga bisa mendapatkan manfaat umum dari sistem ini.” ujarnya.

Pada akhir Up-Grading ustadz Ferry Yudhi memberikan tugas kepada para mahasiswa yang mengikuti Up-Grading, antara lain mengunjungi tokoh masyarakat setempat seperti Ketua Muhammadiyah (Daerah, Cabang atau Ranting) dan Pimpinan Amal usaha Muhammadiyah di tempat mahasiswa tinggal. Tujuan kunjungan ini untuk membuat Analisa S.W.O.T, membuat pemetaan potensi yang bisa dikembangkan dan membuat RoadMap guna melejitkan potensi masyarakat di sekitar tempat tinggal mahasiswa yang bersangkutan. Tugas kedua adalah membuat video pendek mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan dan mengunggah di kanal Youtube masing-masing.

“Nah itulah tugas-tugas kalian sebagai agen perubahan bagaimana menggerakkan komunitas dan warga masyarakat untuk menuju kepada kehidupan yang lebih baik. Semoga bisa dikerjakan dalam tempo dua bulan. Kita berjumpa lagi dalam acara berikutnya di bulan Februari 2022” ucap Ferry Yudhi ketika mengakhiri acara. (Ad).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*