Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Kesehatan » Ambulan LAZISMU Kembali Berestafet Mengantar Pasien TB Paru dari Balikpapan Menuju ke Tegal

Ambulan LAZISMU Kembali Berestafet Mengantar Pasien TB Paru dari Balikpapan Menuju ke Tegal

Kru Ambulance LAZISMU harus senantiasa sigap dan peduli untuk melayani siapapun yang membutuhkan. Termasuk giat pelayanan malam hari, dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya hingga ke Daerah Tegal Jawa Tengah, Sabtu (30/07/22).

Pengantaran pulang pasien atas nama Arizal warga Bumijawa kabupaten Tegal yang bekerja di Balikpapan Kalimantan Timur dilakukan secara estafet. Khoirun Nizar, Manager LAZISMU Tegal, melalui komunikasi jaringan WA dan surat, mengajukan permohonan kepada LAZISMU KP Jawa Timur untuk pengantaran pasien tersebut. Akhirnya disepakati perjalanan Arizal dengan Ambulan LAZISMU KP Jatim hingga ke Sragen. Dari Sragen ke Tegal diantar dengan menggunakan kendaraan Ambulan LAZISMU Sragen.

Arizal didiagnosa oleh Dokter kota Balikpapan  mengidap penyakit TB (Tubercholusis) Paru. Sehari-hari ia bekerja di warung nasi goreng milik bosnya. Karena penyakitnya itu Arizal sempat opname di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Harjanto di Balikpapan.

Sayangnya, Arizal belum memiliki BPJS Kesehatan sehingga harus dirawat dengan biaya mandiri. Kondisi ekonominya yang pas-pasan membuat biaya perawatan di RS harus dibantu oleh keluarga di kampung dan berbagai pihak yang peduli kepadanya.

Setelah beberapa kali perawatan dan opname di RS, Arizal beristirahat di rumah kost. Kondisi tubuhnya pun semakin lemah dan kurus kering. Ia tidak bisa melakukan aktivitas apapun dan hanya bisa berbaring di tempat tidur saja. Untuk merawatnya sehari-hari di tempat kost, keluarga di kampung mengirimkan biaya untuk seorang perawat, meski harus berhutang.

Ketika kondisi Arizal sedikit membaik diputuskan untuk pulang ke Jawa. Namun ia tak mampu membeli tiket kapal untuk pulang karena sudah tidak mempunyai uang sama sekali. Keluarga di kampung berusaha keras mengupayakan agar ia bisa kembali ke Tegal.

Akhirnya Arizal bisa pulang setelah diusahakan bantuan pemulangan ke Dinas Sosial Pemerintah setempat oleh komunitas masyarakat Ngapak di Balikpapan. Namun pihak Dinsos hanya bisa membelikan tiket kapal laut dan mengantar dengan kendaraan dinas hingga ke pelabuhan di Surabaya saja. Perjalanan dari kota Surabaya menuju ke Tegal dibantu oleh LAZISMU dengan kendaraan Ambulan.

Singkat cerita, Arizal pada Sabtu malam menjelang pukul 21.00 WIB mendarat di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya disambut oleh petugas Ambulan LAZISMU KP Jatim. Setelah proses serah terima dari Dinsos Balikpapan ke petugas Ambulan, pukul 21.30 WIB Arizal segera diantar dari Surabaya menuju ke kabupaten Sragen untuk transit dan ganti kendaraan Ambulan.

Pukul 00.45 WIB Ambulan LAZISMU KP Jatim sampai di kabupaten Sragen. Tidak memakan waktu lama Arizal pun sudah berpindah ke Ambulan LAZISMU Sragen. Dari Sragen Ambulan melaju menuju ke Bumijawa Tegal, kampung halaman Arizal.

Alhamdulillah, tepat saat masuk waktu Subuh, Arizal sampai di rumahnya. Pihak keluarga bersyukur karena Arizal bisa pulang dengan selamat. Keluarga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak, termasuk LAZISMU, yang turut memperlancar kepulangan Arizal. (Ad)

DONASI UNTUK OPERASIONAL AMBULAN GRATIS

Infaq dan shadaqah Anda turut membantu operasional Korps Ambulan LAZISMU. Dukungan dan donasi Anda sangat dinantikan.

Silahkan transfer donasi melalui Rekening Lazismu Infaq:

  • Bank Jatim Syariah No. 6141 919 191 a/n Lazismu Jatim Infaq
  • Bank Syariah Indonesia BSI No. 9000 005 557 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JATIM INFAQ
  • Bank Muamalat No. 7710 015 631 a.n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (INFAQ DAN SEDEKAH)
  • CIMB Niaga Syariah No. 861 777 777 500 a.n. LAZISMU JAWA TIMUR

Terima kasih atas bantuan, dukungan dan kepedulian Anda bagi aksi-aksi Kemanusiaan bersama LAZISMU, Memberi untuk Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*