Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 19 Januari 2022
Breaking News
You are here: Home » Filantropi » Beli Telur dan Sedekah Telur Aksi Nyata Lazismu Berkolaborasi bersama FOZ Jatim Bantu Peternak Ayam Petelur di Magetan

Beli Telur dan Sedekah Telur Aksi Nyata Lazismu Berkolaborasi bersama FOZ Jatim Bantu Peternak Ayam Petelur di Magetan

Peternak ayam petelur di Magetan dikabarkan menjerit akibat harga telur yang terus anjlok. Tak sedikit pula peternak yang mulai gulung tikar. Imbas pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat selama pandemi Covid-19 berlangsung sungguh menjadi pukulan bagi para peternak.

Akibatnya, stok telur ayam ras produksi peternak Magetan di pasaran melimpah ruah, sementara daya beli masyarakat terus menurun. Harga telur menyentuh di angka Rp.14.000 per kilogramnya. Sementara itu harga pakan ayam dan bahan pendukung lainnya semakin tidak bersahabat. Biaya-biaya yang harus dipikul peternak mengalami kenaikan yang semakin memberatkan mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, Lembaga Amil Zakat se-Jawa Timur yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ), termasuk Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur turun aksi untuk berkolaborasi menebar kebermanfaatan bagi peternak dan masyarakat.

LAZ yang tergabung dalam FOZ membeli telur ayam dari peternak lokal di wilayah Magetan, Jumat, 8 Oktober 2021. Dengan semangat “Gerakan Beli dan Sedekah Telur”, kegiatan ini menjadi ajang guna memfasilitasi pemasaran telur ayam ras peternak lokal Kabupaten Magetan yang harganya turun drastis.

“Kami ada sekitar 30 lembaga zakat, yang tersebar di berbagai daerah di Jawa timur, berinisiatif bersama-sama membantu meringankan nasib peternak ayam petelur skala kecil yang mengalami kerugian akibat turunnya harga jual telur,” kata Kholaf hibatullah selaku Ketua FOZ Jawa Timur.

Aksi Gerakan Beli dan Sedekah Telur tersebut disalurkan kepada 1.067 penerima manfaat, sekaligus untuk pemenuhan gizi masyarakat dan peningkatan imun tubuh di masa pandemi. Dan aksi menebar kebermanfatan ini InsyaAllah akan berlanjut di Kabupaten lain yang juga bertujuan untuk membantu peternak ayam petelur disana.” imbuhnya.

Bupati Magetan Suprawoto sangat berterima kasih kepada Forum Zakat Jawa Timur, termasuk Lazismu, atas kepeduliannya membantu dan bersama-sama berkolaborasi dalam bingkai kepedulian.

“Terima kasih kepada Forum Zakat Jawa Timur, termasuk Lazismu, atas kepeduliannya, membantu dan bersama-sama berkolaborasi dalam bingkai kepedulian guna mengkampanyekan beli telur sekaligus bersedekah telur. Karena di tengah pandemi, kita harus menjaga imun, berbagi sesama dan menebar manfaat untuk semua,” tuturnya.

Sementara itu Yakub Trijuna Kaharudin, Amil Lazismu Kabupaten Magetan yang mewakili Lazismu Jatim turut dalam aksi tersebut, mengatakan bahwa kolaborasi ini sebagai bentuk kepedulian LAZ kepada masyarakat yang menderita.

“Ini adalah kepedulian kita bersama. Kita peduli kepada para peternak lokal yang sedang menderita karena harga telur jatuh. Sementara itu biaya-biaya operasional mereka naik tak terbendung. Oleh karena itu kita beli hasil telur ternak ayam mereka dengan harga layak. Semoga langkah kecil ini turut memberikan dampak, khususnya secara moril, kepada masyarakat luas, agar kita senantiasa peduli kepada penderitaan sesama” kata Yakub yang hadir bersama Tim Lazismu kota Madiun. (Ad/FOZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*