Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Komitmen LAZISMU Serap Hasil Panen Padi Petani JATAM Binaan MPM PWM Jatim

Komitmen LAZISMU Serap Hasil Panen Padi Petani JATAM Binaan MPM PWM Jatim

Jaringan Tani Muhammadiyah (JATAM) Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tuban mengadakan Panen Raya Padi Sehat pada hari Sabtu, tanggal 17 September 2022. Kegiatan yang bertema “Muhammadiyah Jihad Menuju Kedaulatan Pangan” dilaksanakan di dusun Karangrejo RT 03 RW 03 desa Kradenan kecamatan Palang kabupaten Tuban.

Acara Panan Raya yang merupakan rangkaian kegiatan pra Muktamar Muhammadiyah ke-48 ini dihadiri oleh Dr dr Sukadiono Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, Gunawan Ketua MPM PWM Jatim, drh Zainul Muslimin Ketua LAZISMU Jatim, Ketua PDM Tuban Nurul Yakin, SH beserta jajaran Majelis dan warga komunitas JATAM di kabupaten Tuban.

Menurut Gunawan Ketua MPM PWM Jatim acara bernuansa syiar da’wah pertanian ini sangat penting guna mengajak kepada para petani di seputar Desa Kradenan Kecamatan Palang agar peduli dan mau mengolah sawahnya secara sehat. Mengolah sawah secara sehat, lanjut Gunawan, adalah adalah memadukan penggunaan sekitar 90% pupuk organik dan 10% pupuk kimiawi, sebelum pada akhirnya secara gradatif menggapai 100% metode dan hasil panen yang organik. Dengan pola tanam seperti ini akan dihasilkan panen padi yang berkualitas baik dan sehat.

Gunawan menambahkan bahwa selain di Palang Tuban masih banyak kawasan pertanian lainnya yang akan melakukan panen raya. Dengan keberhasilan ini maka setidaknya Muhammadiyah sudah mendorong percepatan untuk berjihad dalam bidang kedaulatan pangan. Namun yang terpenting menurutnya adalah tumbuhnya kesadaran warga negara utamanya Generasi Milenial untuk peduli terhadap pentingnya masalah kedaulatan pangan bagi bangsa ini, hingga mereka bersedia terjun di medan juang pertanian yang sehat dan ramah lingkungan.

Pada kesempatan tersebut para pimpinan Muhammadiyah dan Majelis serta beberapa tokoh masyarakat melakukan panen padi secara simbolis pada lahan pertanian yang siap untuk dipanen hasil pertaniannya. Jajaran PWM Jatim dan PDM Tuban beserta para tokoh masyarakat dan birokrat setempat turun langsung ke tengah sawah guna memanen padi yang telah menguning.

Dalam kesempatan itu drh Zainul Muslimin Ketua LAZISMU Jatim menyatakan komitmen LAZISMU untuk menyerap hasil panen padi petani JATAM di Jawa Timur. Penyerapan itu bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan di Jatim terutama bersiaga menghadapi terjadinya bencana alam.

“LAZISMU sangat membutuhkan produk beras untuk kegiatan penyaluran paket santunan dan bantuan sembako kepada mustahik yang memerlukan. Kita juga butuh cadangan untuk ketahanan pangan ketika terjadi bencana. Dengan adanya hasil panen padi sehat petani JATAM MPM di Tuban ini insya Allah akan kita beli hasil panennya guna mendukung pelaksanaan program LAZISMU. Tidak hanya hasil panen di Tuban melainkan juga di Jawa Timur” kata Zainul Muslimin ketika berbincang dengan para petani JATAM di Palang, Tuban.

Sementara itu Dr dr Sukadiono Wakil Ketua PWM Jatim menyatakan sudah saatnya warga Muhammadiyah berdaulat dalam hal ketahanan pangan. Ia mengapresiasi para petani JATAM yang bersedia bertanam padi secara sehat, terpadu dan hasilnya bisa dipanen dengan baik. Sukadiono menegaskan bahwa warga Muhammadiyah harus didorong serius berjihad untuk kedaulatan pangan. Dengan kedaulatan pangan akan terjadi penguatan dalam bisang ekonomi bagi keberlangsungan kehidupan umat dan bangsa. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*