Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 5 Maret 2024
Breaking News
You are here: Home » News » Lazismu Buka Posyandu Khusus untuk Warga ODGJ di Kabupaten Lamongan

Lazismu Buka Posyandu Khusus untuk Warga ODGJ di Kabupaten Lamongan

Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan perhatian dan harus mendapat penanganan yang baik. Jumlah mereka tidak banyak namun perlu mendapatkan kepedulian sebagaimana warga lainnya. Respon kita kepada mereka turut serta membantu meringankan beban kejiwaan bagi yang mengalaminya. Sayangnya hal itu nyaris terabaikan sama sekali.

Di Kabupaten Lamongan tepatnya di desa Laren terdapat 152 orang ODGJ. Menurut Puskesmas setempat latar belakang warga menjadi ODGJ beragam. Mulai dari faktor ekonomi, putus cinta (broken heart), ditinggal keluarga, broken home, gagal usaha dan sebagainya.

Oleh karena itu Lazismu kabupaten Lamongan menaruh perhatian terhadap kasus ini. Bentuk perhatian itu diwujudkan dengan membuka layanan khusus bagi ODGJ. Maka di Balai Pertemuan desa Laren, kamis 18 November 2021 dilaksanakan POSYANDU JIWA, posyandu khusus bagi ODGJ. Kegiatan itu bekerjasama dengan para Dokter Jiwa dari Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML) dan Puskesmas Laren. Posyandu Jiwa khusus ODGJ itu menyasar 50 warga di Laren, Lamongan yang mengalami gangguan jiwa.

Menurut Sujudna, Ketua Lazismu kabupaten Lamongan, selain mendapatkan pelayanan konseling kejiwaan warga ODGJ juga mendapatkan bingkisan paket sembako mengingat mereka kebanyakan adalah warga kurang mampu.

“Kegiatan itu kami kemas dalam berbagai layanan mulai dari pembinaan kejiwaan oleh dr Catur dari RSM Lamongan. Kemudian pemeriksaan kesehatan oleh 6 dokter muda. Dilanjutkan pengarahan dari Puskesmas desa Laren. Terakhir pemberian bingkisan snack dan paket sembako dari Lazismu Lamongan” kata Sujudna.

“Menurut data desa Laren ODGJ-nya terbanyak. InshaAlloh kita programkan tiap bulan ada layanan Posyandu dengan orangnya bergantian. Yang jelas Lazismu Lamongan menaruh kepedulian terhadap Saudara-saudara kita yang terganggu kejiwaaannya. Semoga bermanfaat.” jelas Sujudna. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*