Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 17 Januari 2022
Breaking News
You are here: Home » Dakwah » Lazismu Dukung LDK PWM Jatim Luncurkan 1000 Da’i Agen Perdamaian di Indonesia

Lazismu Dukung LDK PWM Jatim Luncurkan 1000 Da’i Agen Perdamaian di Indonesia

Kehidupan berbangsa dan bernegara yang penuh kedamaian sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan pembangunan bangsa menuju kemajuan Indonesia. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai kedamaian harus dilakukan sedini mungkin, dengan menumbuhkan semangat saling menghormati keragaman. Hal ini sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah pada poin satu yang berbunyi : “Kepribadian Muhammadiyah itu Beramal dan Berjuang untuk Perdamaian dan Kesejahteraan”.

Dalam konteks ini, para da’i memiliki peran strategis dalam menumbuhkembangkan nilai–nilai kedamaian dalam kehidupan berbangsa, bermasyarat dan bergama. Tidak dapat dipungkiri bahwa da’i merupakan bagian penentu yang paling berharga bagi masa depan bangsa ini. Dai merupakan juru bicara di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat yang akan dapat membawa bangsa ini menjadi bangsa yang penuh kedamaian, cinta kasih dan menjunjung tinggi nilai–nilai kemanusiaan itu sendiri sebagai wujud Islam rahmatan lil ’alamin.

Sehubungan dengan itu, Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur yang didukung oleh Lazismu bermaksud meluncurkan 1000 Dai Agen Perdamaian. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu 4 September 2021 melalui media daring zoom meeting mulai jam 8 pagi hingga tengah hari.

Menurut Muhammad Arifin, Ketua LDK PWM Jatim, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk Dai khusus yang memiliki wawasan kebangsaan di tengah keberagaman dan kebhinekaan sehingga terwujudnya persatuan dan kesatuan guna mencapai terwujudnya perdamaian di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Arifin ketika dihubungi melalui jaringan WA membeberkan bahwa peluncuran “1.000 Dai Agen Perdamaian” akan diikuti oleh sekitar 1.000 orang lebih para Da’i yang terdiri dari Da’i yang ada di Daerah-daerah se-Jawa Timur dan beberapa utusan dari beberapa Provinsi di Wilayah Indonesia.

Kegiatan yang akan dicatatkan dalam rekor MURI ini dimarakkan oleh kehadiran tokoh-tokoh Nasional, mulai dari Prof Dr Haedar Nashir, M.Si., (Ketua Umum PP Muhammadiyah), Prof Dr Muhadjir Effendy, M.Ap. (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan RI), Dr Saad Ibrahim (Ketua PWM Jatim) dan Prof. Ach. Jainuri, Ph.D. (PWM Jatim).

“Mengingat masih dalam kondisi pandemi, maka pelaksanaan acara ini dilaksanakan dengan melalui media zoom dan ditayangkan langsung melalui youtube” jelas Arifin.

“Ini adalah bagian ikhtiar Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dalam ikut serta memberikan motivasi dan semangat kepada para da’i dalam usaha mensosialisasikan 10 sifat kepribadian Muhammadiyah” tambahnya.

“Kami berharap semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan hidayah serta kesehatan kepada kita semua untuk terwujud dan suksesnya acara peluncuran 1000 dai agen perdamaian ini. Tidak hanya itu, harapan kami yang lebih luas adalah terwujudnya kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan masyarakat di negara kita.” harap Arifin.

Sementara itu Sekretaris Lazismu Jatim, Aditio Yudono, menyatakan apresiasi pada acara yang menginspirasi ini dan berharap agar perdamaian nyata terbentuk di negara ini dan bukan perdamaian yang semu.

“Upaya menjaga perdamaian adalah tugas kita bersama sebagai seorang Muslim. Lazismu mendukung langkah LDK PWM Jatim untuk mewujudkan perdamaian itu dengan kerja-kerja nyata di masyarakat. Jika kita menginginkan perdamaian itu tertanam kuat di benak masyarakat maka harus ada langkah dan keteladanan dari semua pihak. Maka mari kita ciptakan perdamaian ini dengan menebar kebaikan, mencintai sesama, saling asah asih dan asuh serta memberikan contoh teladan berperikehidupan yang baik dan tidak berbuat kerusakan” pungkasnya. (Ddt)

Acara inti peluncuran 1000 dai agen perdamaian LDK PWM Jatim

Talk Show Sosialisasi Event Peluncuran 1000 Agen Dai Perdamaian di Ranah Publik Suara Muslim 93,8 FM dan live streaming channel Youtube..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*