Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » Kiprah Lembaga » Milad ke-19, Lazismu Bertekad QurbanMu Kuatkan Ketahanan Pangan Untuk Bangkitkan Ummat dan Bangkitkan Indonesia

Milad ke-19, Lazismu Bertekad QurbanMu Kuatkan Ketahanan Pangan Untuk Bangkitkan Ummat dan Bangkitkan Indonesia

Tanggal 4 Juli merupakan hari lahir atau Milad bagi Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu). Tahun ini tanggal 4 Juli 2021 diperingati sebagai Milad Lazismu yang ke-19. Sembilan belas tahun yang lalu Lazismu lahir lewat Surat Keputusan (SK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. SK tersebut ditandatangani oleh Prof Dr A Syafii Ma’arif dan Dr Haedar Nashir, M.Si, Ketua dan Sekretaris PP Muhammadiyah waktu itu. Lazismu juga diperkuat dengan SK dari Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS)

Latar belakang berdirinya LAZISMU dilandasi suatu fakta Indonesia yang berselimut dengan kemiskinan yang masih meluas, kebodohan dan indeks pembangunan manusia yang sangat rendah. Semuanya berakibat dan sekaligus disebabkan tatanan keadilan sosial yang lemah.

Sebagai salah satu dari Rukun Islam, Zakat diyakini mampu memberikan sumbangsih guna mendorong keadilan sosial, pembangunan manusia dan mampu mengentaskan kemiskinan.

Indonesia, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, memiliki potensi zakat, infaq dan wakaf yang terbilang cukup tinggi. Namun, potensi yang ada belum dapat dikelola dan didayagunakan secara maksimal sehingga tidak memberi dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada. Dengan berbekal latar belakang itulah Lazismu lahir dan dibentuk dengan tekad dan komitmen Memberi untuk Negeri.

Aditio Yudono, Sekretaris Lazismu wilayah Jawa Timur di gedung Muhammadiyah Jatim Kertomenanggal IV Surabaya, (03/06/21) mengungkapkan, selama 19 tahun perjalanan Lazismu, LAZNAS di bawah Persyarikatan Muhammadiyah ini telah hadir guna merespon dan memberikan jawaban atas permasalahan ummat. Lima pilar yang menjadi bidang garap Lazismu, yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah dan sosial kemanusiaan menjadi bukti bahwa Lazismu sangat konsen terhadap masalah keummatan.

“Kerja-kerja nyata Lazismu ditorehkan melalui berbagai program dan aksi yang menyentuh aspek kehidupan ummat. Dengan komitmen dan bukti nyata itu Lazismu semakin terpacu guna membangkitkan kehidupan ummat, sehingga mampu membangkitkan negeri tercinta Indonesia dari keterpurukan” jelas Aditio.

Kini pada tahun 2021, tahun kedua pandemi Covid-19, Lazismu semakin menapaki usianya yang beranjak dewasa, dengan komitmen dan bukti nyata untuk semakin memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT hingga saat ini di tengah pandemi yang masih melanda, seluruh Amil Lazismu masih dianugerahi kesehatan sehingga dapat menunaikan tugastugas dan amanah yang menjadi kewajibannya.

Walau pada masa pandemi wabah Covid-19, lanjut Aditio, Lazismu tidak pernah absen dalam kegiatan aksi menangani masalah keummatan. Lazismu juga berperan aktif dalam mensyiarkan kegiatan keagamaan, terlebih di tengah pandemi yang hingga saat ini masih menghantui masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat dunia.

Jelang ibadah Qurban tahun ini Lazismu kembali meramaikan Idul Adha di tanah air dengan mengangkat tema “Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan”. Segenap Amil Lazismu se-Indonesia, khususnya Jawa Timur, tengah menyiapkan program qurban yang sebentar lagi akan menghampiri kaum muslimin. Harapan dibalik tema besar kegiatan tersebut adalah dapat berkontribusi untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi yang masih tinggi kasusnya di Indonesia.

“Untuk tahun ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Qurban yang dilaksanakan melalui protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Sebagaimana dirasakan bersama bahwa pandemi saat ini kembali melonjak dan harus diikuti dengan kebijakan pengetatan terutama terhadap aktivitas yang memicu terjadinya kerumunan, termasuk ibadah Qurban” tambahnya.

Krisis kesehatan, ekonomi, sosial, pendidikan dan krisis lainnya yang menyentuh aspek kehidupan ummat masih akan terus terjadi. Semua kenyataan ini masih dirasakan bersama. Namun upaya tetap terus dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan prinsip kehati-hatian. Seraya menanti keadaan betul-betul normal, momentum Idul Adha 1442 Hijriyah semakin hari semakin dekat.

Oleh sebab itu, lanjut Aditio, Lazismu mengajak ummat Islam yang berkemampuan dan memiliki harta lebih untuk tetap berqurban secara bersama, dengan mengikuti kebijakan pengetatan yang diberlakukan. Pilihannya adalah berqurban secara kemasan melalui Lazismu adalah jalan terbaik. Dengan berqurban secara kemasan, yakni hewan qurban disembelih pada hari tasyrik dan dagingnya dikemas menjadi makanan siap saji (Rendang dan Kornet) dalam kaleng, turut membantu terlaksananya protokol kesehatan yang disarankan.

“Mari berqurban bersama Lazismu untuk kuatkan ketahanan pangan dan bangkitkan ummat. Dengan berqurban secara kemasan, maka kita membantu ketersediaan pangan yang berkelanjutan di masa mendatang. Karena nilai lebih dan manfaat berqurban kemasan dapat memperkuat katahanan pangan ummat dan bangsa. Jika ummat dan bangsa bangkit maka Indonesia akan Bangkit!” pungkas Aditio. (TY).

Mari Berqurban Kemasan bersama Lazismu..

Rekening yang disediakan bagi pequrban mengikuti program Qurban Kemasan adalah :

  • Bank Muamalat No 7710 016 474 a/n LAZIS MUHAMMADIYAH JAWA TIMUR (QURBAN)
  • BSI eks BSM No. 9000 009 889 a/n QURBAN LAZISMU JATIM
  • Bank Jatim Syariah No. 6141 717 171 a/n Lazismu Jatim Qurban
  • Bank CIMB Niaga Syariah No. 8611 7771 1900 a/a LAZISMU JAWA TIMUR

Paket Qurban dan Hasil Rendang/Kornet yang diikuti oleh masing-masing Daerah :

  • Paket 1 Rp 17.500.000,- dengan hasil 350 kaleng
  • Paket 2 Rp 21.000.000,- dengan hasil 420 kaleng
  • Paket 3 Rp 50.000.000,- dengan hasil 1000 kaleng

Sementara itu untuk simulasi Qurban Korporat (berlogo) adalah :

KONTAK PERSON dan konfirmasi :

  • drh Zainul Muslimin(No. HP  0811-310-401)
  • Imam Fauzi (No. HP 0812-3158-446)
  • A’idah Savira Isabillah, S.E (No. HP 0823-3115-2141)

Proposal Qurban Kemasan Lazismu Tahun 1442 H / 2021 M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*