Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Senin , 5 Desember 2022
Breaking News
You are here: Home » News » QurbanMu Penuhi Kebutuhan Protein Hewani 5.106 Anak Panti Asuhan se-Jawa Timur

QurbanMu Penuhi Kebutuhan Protein Hewani 5.106 Anak Panti Asuhan se-Jawa Timur

Sinergi bersama antara Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur dalam Program Qurban Kemasan terus berlanjut. Sesuai dengan tema “QurbanMu untuk Kuatkan Ketahanan Pangan”, program Qurban ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani kepada 5.106 anak asuh di 120 Panti Asuhan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Jawa Timur.

Ketua Lazismu Jawa Timur drh Zainul Muslimin mengatakan bahwa ketersediaan daging Qurban pada hari Idul Adha dan hari-hari tasyrik sangat melimpah. Sebagian besar dibagikan habis selama hari-hari tasyrik Idul Adha, walau ada juga Masjid dan lembaga yang mendistribusikan Qurbannya keluar daerah. Tentu menjadi kemubaziran apabila seluruh daging Qurban harus dibagi habis pada satu waktu sementara kebutuhan protein hewani seseorang tidak terlalu banyak.

Demikian pula dengan kenyataan yang terjadi pada banyak Panti Asuhan Yatim dan Piatu di Jawa Timur. Pada saat Idul Qurban, Panti Asuhan yang bisa menghimpun beberapa hewan ternak, Sapi atau kambing, bisa menyembelih, mendistribusikan dagingnya ke masyarakat sekitar dan juga dikonsumsi bagi kebutuhan anak Panti selama beberapa hari serta sisanya disimpan dalam lemari pembeku. Sisa yang disimpan dalam lemari pembeku itu tentu hanya bisa bertahan beberapa minggu saja. Sementara itu tidak sedikit Panti Asuhan yang kekurangan daging Qurban, bahkan tidak menyembelih hewan ternak.

Oleh sebab itu Lazismu dan MPS PWM Jawa Timur sejak beberapa tahun silam bersinergi dan bekerjasama mengolah sebagian hewan ternak Qurban untuk disembelih dan dagingnya dikemas menjadi makanan siap santap dalam kemasan kaleng. Tentu karena diolah secara syar’ie, dimasak menjadi makanan yang siap santap dan dikemas secara higienis dalam kaleng maka bisa bertahan selama dua tahun. Selama masa dua tahun itu bisa untuk stok ketersediaan pangan dan kebutuhan protein hewani bagi anak Panti selama satu atau dua tahun.

Menurut Zainul Muslimin untuk tahun 1442 Hijriyah atau 2021 Miladiyah ini program Qurban Kemasan untuk kebutuhan protein hewani anak Panti ini diharapkan bisa meningkat. Sehingga kebutuhan gizi dan protein hewani 5.106 anak Panti Asuhan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Jawa Timur dapat terpenuhi dengan stok yang cukup. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*