Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Rabu , 10 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Even Khusus » Rakorsus Qurban LAZISMU se-Jatim Angkat Tema Qurbanmu Inovasi Untuk Ketahanan Pangan dan Antisipasi PMK

Rakorsus Qurban LAZISMU se-Jatim Angkat Tema Qurbanmu Inovasi Untuk Ketahanan Pangan dan Antisipasi PMK

LAZISMU wilayah Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) pada Sabtu, 21 Mei 2022 di gedung SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo. Rakorsus yang diikuti oleh 100 orang peserta utusan dari LAZISMU Daerah se-Jatim tersebut membahas tentang persiapan dan koordinasi program Qurban 1443 Hijriyah. Selain itu juga dibahas pelaksanaan program Bakti Guru dan Konsolidasi Data Keuangan Filantropi Muhammadiyah se-Jatim.

Dalam Rakorsus itu LAZISMU Jatim mentargetkan perolehan Qurban Kemasan LAZISMU Daerah Kabupaten/Kota dan Kantor Layanan LAZISMU tingkat Wilayah Jawa Timur tahun 1443 Hijriyah sebesar Rp 15 Milyar. Target tersebut meningkat 100% lebih, berdasarkan hasil perolehan Qurban Kemasan LAZISMU se-jatim tahun 2021 Rp 6,5 Milyar. Sedangkan perolehan total Qurban Kemasan tahun 2021 M sebesar Rp 10 Milyar.

Pada momen Idul Qurban tahun 1443 hijriyah ini LAZISMU wilayah Jawa Timur memproduksi produk Qurban Kemasan, yaitu Rendangmu. Sudah enam tahun ini LAZISMU Jatim menyelenggarakan Qurban Kemasan, yaitu daging Qurban dikemas menjadi makanan dalam kaleng siap santap yang praktis dan tahan sepanjang masa. Hasil produk jadi berupa Rendangmu dan Kornetmu dalam kaleng didistribusikan ke seluruh tanai air dan bisa tahan selama 2 (dua) tahun.

Harga ternak Sapi untuk Qurban Kemasan dipatok sebagai berikut ; Untuk Patungan Sapi terdapat harga Rp 2.500.000,- dan Rp 3.000.000,-, per orang. Sedangkan 1 ekor Sapi dibanderol seharga Rp 17.500.000,- dan Rp 21.000.000,-. Untuk Qurban Kemasan yang produknya berbranding logo atau lambang Institusi, Korporat/perusahaan dan Lembaga seharga Rp 50.000.000,-.

Hasil jadi produk dan Prosentase distribusi, dengan ketentuan Qurban Kemasan dengan harga Rp 2.500.000,- produk jadi sebanyak 50 kaleng, harga Rp 3.000.000,- produk jadi sebanyak 60 kaleng, harga Rp 17.500.000,- produk jadi sebanyak 350 kaleng, dan harga Rp 21.000.000,- produk jadi sebanyak 420 kaleng. Sedangkan harga Rp 50.000.000,- produk jadinya sebanyak 1.000 kaleng.

Hasil Qurban Kemasan (Rendangmu) yang dihimpun oleh Lazismu Daerah, 10% dialokasikan untuk wilayah (Cadangan kebencanaan dan kemanusiaan), 30% untuk pequrban dan 60% untuk tasharuf di Daerah.

Inovasi Tak Pernah Henti.

Pada momen Idul Qurban 1443 Hijriyah atau 2022 Miladiyah LAZISMU kembali hadir dengan mengangkat tema “Qurbanmu Inovasi Untuk Ketahanan Pangan”.

Inovasi untuk ketahanan pangan menjadi tema Qurban tahun ini. Melalui tema ini, LAZISMU mendorong seluruh umat Islam untuk berinovasi dalam manajemen qurban mendukung program ketahanan pangan.

Berbagai inovasi telah dilakukan LAZISMU dalam modernisasi manajemen Qurban sejak lima tahun terakhir dan bisa dinikmati hasilnya oleh seluruh masyarakat. Inovasi itu antara lain :

  • Inovasi dalam Permodalan, menyalurkan sebagian dana infak untuk pengembangan usaha produktif dalam bidang peternakan rakyat dalam rangka mendukung penyediaan stok hewan ternak Qurban.
  • Inovasi dalam Penyembelihan, dengan menerapkan proses penyembelihan hewan Qurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang modern, bersih, higienis, halal dan sesuai syariat di RPH-RPH modern di berbagai daerah di tanah air.
  • Inovasi dalam Pengemasan, memperkenalkan produk olahan daging Qurban dalam bentuk kemasan kaleng sejak 2017 sebagi program Qurban nasional.
  • Inovasi dalam Pendistribusian, yaitu mendistristribusikan produk Qurban kemasan ke berbagai pelosok dan kawasan di tanah air secara tepat sasaran sepanjang tahun dan terutama untuk membantu para pengungsi akibat bencana alam di Indonesia.
  • Inovasi dalam Penghimpunan, menjadikan Qurban sebagai gerakan nasional yang dilaksanakan semua kantor LAZISMU di seluruh Indonesia, baik secara konvensional maupun digital.
  • Inovasi dalam Pemasaran, bekerjasama dengan berbagai komunitas nasional dan internasional untuk mensosialisasikan program Qurban Kemasan sehingga masyarakat luas bisa mengaksesnya.
  • Inovasi Dalam Pelayanan, menyediakan layanan bagi masyarakat untuk menunaikan Qurban melalui kanal konvensional dan digital.
  • Inovasi dalam Pembayaran, menyediakan sistem pembayaran yang beragam menyesuaikan kemajuan teknolgi mulai uang tunai, uang elektronik hingga uang digital.
  • Inovasi dalam Sinergi, yaitu bekerjasama aktif dengan perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) untuk jaminan mutu, kehalalan, kesehatan dan kelayakan ternak Qurban.

Harapan dibalik tema besar kegiatan tersebut adalah LAZISMU dapat berkontribusi untuk menguatkan ketahanan pangan masyarakat yang tengah bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19 selama dua tahun.

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Umat Islam perlu mengantisipasi adanya penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak, khususnya dalam menyambut Idul Qurban tahun 1443 Hijriyah. Guna mengantisipasi PMK yang terjadi di empat daerah di provinsi Jawa Timur, LAZISMU Jatim berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Korwil Jawa Timur.

Menurut Sekretaris LAZISMU wilayah Jatim Aditio Yudono, Memorandum Of Understanding (MOU) antara LAZISMU dengan PDHI Korwil Jatim telah ditandatangani bersama oleh kedua belah pihak pada saat Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Qurban LAZISMU se-Jatim, Sabtu 21 Mei 2022, di gedung Hall SMA Muhammadiyah 2 (Smamda), Jl Mojopahit 666-B Sidoarjo.

LAZISMU dan PDHI Korwil Jatim sepakat untuk bekerjasama dalam pendampingan, pemeriksaan dan pemantauan serta edukasi hewan ternak Qurban LAZISMU, baik mulai dari masa persiapan hingga masa pelaksanaan Qurban tahun 1443 Hijriyah. Oleh karena itu LAZISMU mempersilahkan dokter PDHI melakukan pemeriksaan dan pemantauan terhadap hewan ternak Qurban.

PDHI Korwil Jatim akan membantu edukasi berupa pelatihan dan sosialisasi tentang perawatan ternak Qurban pada perangkat dan jaringan LAZISMU dan Muhammadiyah. PDHI Jatim akan menugaskan Dokter Hewan anggotanya pada cabang terdekat untuk melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem pada hewan ternak Qurban dalam jaringan LAZISMU se-Jawa Timur.

Selain itu LAZISMU dan PDHI Jatim akan menerbitkan buku panduan pemeriksaan hewan ternak Qurban yang dibagikan kepada para petugas atau panitia Qurban LAZISMU se-Jawa Timur. PDHI menerbitkan sertifikat layak potong pada setiap hewan Qurban yang telah diperiksa Dokter Hewan yang ditugaskan dan ditandatangani oleh Dokter Hewan Pemeriksa.

Dalam rangka awareness dan branding bersama logo LAZISMU dan PDHI Korwil Jatim akan tercantum pada setiap selebaran dan pamflet, baik secara fisik atau digital. Langkah-langkah tersebut diatas dilakukan bersama oleh LAZISMU dan PDHI Korwil Jatim guna memastikan dan memberikan jaminan bahwa hewan ternak yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha dalam kondisi sehat dan tidak terkena penyakit apapun.

Bakti Guru

Rakorsus juga membicarakan pelaksanaan program Bakti Guru LAZISMU pada Sekolah Muhammadiyah tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA se-Jawa Timur Tahun 2022. Realisasi program Bakti Guru dilakukan dengan memberikan bantuan berupa paket Sembako sebanyak total 5.000 paket dengan nilai per paket Sembako sebesar Rp 150.000,-.

Data Guru diperoleh dari LAZISMU Daerah dengan mengajukan nama-nama Guru Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten/kota masing-masing. Kriteria yang mendapatkan program Bakti Guru untuk tahun ini adalah Guru tersebut bergaji di bawah Rp. 500.000,- per bulan, masa pengabdian sebagai Guru Muhammadiyah minimal 2 (dua) tahun, tidak merangkap mengajar pada Sekolah lain dan juga tidak tersertifikasi.

Pembagian paket Sembako Bakti Guru akan dilaksanakan ketika berlangsung kegiatan Turba LAZISMU Wilayah Jatim ke LAZISMU Daerah atau pada acara safari da’wah lainnya, pada pertengahan bulan Juni 2022. (ddt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*