Call us: +6231-8437-191 : lazismu_jatim@yahoo.com| Selasa , 9 Agustus 2022
Breaking News
You are here: Home » Ekonomi » Tiga Kantor Unit BankZiska di Jawa Timur Siap Layani Pelaku Usaha Super Mikro Agar Tidak Terjerat Rentenir

Tiga Kantor Unit BankZiska di Jawa Timur Siap Layani Pelaku Usaha Super Mikro Agar Tidak Terjerat Rentenir

Selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 27 hingga 29 November 2021, Lazismu wilayah Jawa Timur melaunching dan meresmikan kantor Unit layanan program BankZiska di 3 Kabupaten. Ketiga kantor Unit itu berada di Kabupaten Pasuruan (kota Bangil), Magetan (kecamatan Barat) Mojokerto (kota Mojosari).

BankZiska bukanlah bank sebagaimana yang dimaksud dalam Undang Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Namun BankZiska merupakan program Gerakan Pemberdayaan UMKM melalui pemberian pinjaman tanpa bunga, tanpa biaya administrasi, tanpa biaya denda, tanpa biaya pinalti dan tanpa perlu jaminan. Meski demikian BankZiska mengikuti kaidah-kaidah yang dilakukan dalam perbankan dengan beberapa penyesuaian. Dana BankZiska merupakan tasharuf dana Zakat, Infaq dan Shodaqoh dari Lazismu.

Setelah sukses membangun kantor utama BankZiska di Jabung, Ponorogo, Lazismu wilayah Jatim bermaksud memasifkan BankZiska ke seluruh Daerah di Jawa Timur. Tentu tidak sekaligus namun dengan langkah demi langkah atau step by step. Maka setelah dilakukan pelatihan SDM, asesmen dan pemagangan maka proses duplikasi BankZiska itu kemudian digencarkan.

Dimulai pada hari Sabtu siang, 27 November 2021, oleh drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur, dilakukan peresmian kantor Unit BankZiska Kabupaten Pasuruan yang berlokasi di kompleks Perguruan Muhammadiyah di kota Bangil. Selain Badan Pengurus Lazismu Jawa Timur, seperti Dr Agus Edi Sumanto, Imam Hambali, Aditio Yudono dan Imam Fauzi, kegiatan juga dihadiri oleh bapak Okhbah, selaku Penasehat Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pasuruan dan ibu Titik Ketua Lazismu Kabupaten Pasuruan berserta jajarannya. Peresmian ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Lazismu wilayah Jatim kepada Pengelola BankZiska. Setelah launching dilaksanakan pencairan perdana kepada kelompok pembiayaan usaha super mikro oleh Pengelola BankZiska di kota Santri itu.

Kemudian pada hari Ahad pagi, 28 November 2021, Tim Lazismu wilayah Jawa Timur bertolak ke kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Disini dilakukan peresmian atau launching kantor Unit program BankZiska. Peresmian ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim kepada Pengelola BankZiska Unit Kantor Layanan Lazismu Kecamatan Barat. Selepas launching kemudian dilaksanakan pencairan perdana kredit kepada para kelompok pembiayaan usaha super mikro oleh Pengelola BankZiska di kawasan itu.

Senin, 29 November 2021, berdiri pula kantor Unit program BankZiska di Mojosari, kabupaten Mojokerto. Peresmian juga ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) operasional program BankZiska dari drh Zainul Muslimin, Ketua Lazismu wilayah Jatim kepada Pengelola BankZiska Unit Kantor kabupaten Mojokerto. Kemudian oleh Pengelola BankZiska acara dilanjutkan dengan pencairan perdana kredit lunak tanpa bunga dan administrasi kepada para kelompok pembiayaan usaha super mikro tanggung renteng di kawasan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*